Terminal Tirtonadi Solo Jadi Lokasi Droping Mudik Gratis dari Jawa dan Sumatera

Sabtu, 01 April 2023 - 13:20 WIB
loading...
Terminal Tirtonadi Solo Jadi Lokasi Droping Mudik Gratis dari Jawa dan Sumatera
Terminal Tirtonadi diperkirakan bakal menghadapi lonjakan pemudik pada Lebaran 2023. Hal itu lantaran akan menampung bus dan pemudik dalam program mudik gratis. Foto/Humas Terminal Tirtonadi
A A A
SOLO - Terminal Tirtonadi diperkirakan bakal menghadapi lonjakan pemudik pada Lebaran 2023. Hal itu lantaran terminal terbesar di Kota Solo ini akan menampung bus dan pemudik dalam program mudik gratis.

Terminal Tirtonadi jadi salah satu lokasi droping pemudik dari beberapa provinsi seperti Sumatera Selatan, DKI Jakarta, Jawa Barat hingga Banten.


Sejumlah provinsi yang menyelenggarakan mudik gratis juga telah menyatakan akan menggunakan Terminal Tirtonadi sebagai lokasi droping pemudik.

"Selain itu ada juga mudik gratis CSR dari perusahaan dan program Kemenhub. Saat ini kami masih terus mengintensifkan komunikasi dengan pihak penyelenggara mutis," kata Koordinator Satuan Pelayanan (Korsatpel) Terminal Tipe A Tirtonadi, Bandiyono, Sabtu (1/4/2023).

Sejauh ini, lanjut Bandiyono jumlah bus peserta mudik gratis masih fluktuatif dikarenakan sejumlah Provinsi masih melakukan pendaftaran.

"Yang sudah pasti baru Provinsi DKI Jakarta. Menggunakan 35 bus dan 2 truk pengangkut sepeda motor untuk arus mudik. Sedangkan arus balik akan menggunakan 30 bus dan 2 truk," terang dia.


Mengahadapi lonjakan armada dan penumpang, pihak Terminal Tirtonadi telah menyiapkan skema-skema khusus. Salah satunya dengan mempersiapkan tempat drop off dan parkir khusus bagi program mudik gratis yang rencananya berada di sisi sebelah barat dan timur pintu masuk Terminal Tirtonadi.

"Kami masih ada space yang bisa digunakan untuk drop off dan parkir mudik gratis. Ini akan kami maksimalkan, sehingga tidak berdampak pada bus reguler yang biasa keluar dan masuk terminal," jelas Bandiyono.

Pihak terminal juga telah memasang lampu penerangan jalan tambahan di titik-titik tertentu untuk memberikan rasa aman bagi pemudik.

"Ini langkah preventif kami, agar pemudik merasa aman, nyaman, selama berada di terminal," kata Bandiyono.

Sementara itu Kaur Lalu lintas Terminal Tirtonadi, Sunardi menambahkan pihaknya juga akan menambah personel yang bertugas selama musim mudik 2023.

"Kami sudah siapkan skema, dan kami juga lakukan penambahan personel, sehingga bisa melakukan pelayanan yang maksimal bagi para pemudik," pungkasnya.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1057 seconds (0.1#10.140)