Tim Ahli Konstruksi Ungkap Penyebab Robohnya Kubah Masjid Ittifaqul Jamaah di Makassar

Selasa, 28 Maret 2023 - 12:38 WIB
loading...
Tim Ahli Konstruksi Ungkap Penyebab Robohnya Kubah Masjid Ittifaqul Jamaah di Makassar
Penyebab kubah Masjid Ittifaqul Jamaah di Kota Makassar roboh mulai terkuak setelah sejumlah ahli konstruksi melakukan pemeriksaan struktur bangun masjid. Foto/iNews TV/Leo Muhammad Nur
A A A
MAKASSAR - Penyebab kubah Masjid Ittifaqul Jamaah di Kota Makassar roboh mulai terkuak. Terungkapnya penyebab robohnya masjid tersebut setelah sejumlah ahli konstruksi melakukan pemeriksaan struktur bangun masjid.

Tim Ahli Konstruksi Ungkap Penyebab Robohnya Kubah Masjid Ittifaqul Jamaah di Makassar

Sejumlah ahli konstruksi melakukan pemeriksaan struktur bangun Masjid Ittifaqul Jamaah di Kota Makassar yang roboh. Foto/iNews TV/Leo Muhammad Nur

Selain ahli konstruksi pemerintah, tim ahli dari Universitas Negeri Makassar (UNM) juga melakukan penelitian dan turun ke lokasi.


Tim menguji kelayakan bangunan serta mencari penyebab runtuhnya kubah Masjid Ittifaqul Jamaah yang berada di Jalan Barukang Dua, Kelurahan Pattingalloang, Kecamatan Ujung Tanah, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, diketahui selain faktor usia sudah lama juga diduga karena korosi, kelebihan beban. Selain itu lokasi masjid yang berada di wilayah pesisir laut menjadi faktor utama kubah roboh.

Roboh kubah masjid pada Minggu 26 Maret 2023 malam menyebabkan 12 orang luka luka.

Saat diperiksa, besi penyangga kubah ditemukan banyaknya karatan. Tim ahli juga menemukan banyaknya korosi pada sisa batu campuran semen dari kubah tersebut.


Ketua Tim Ahli Konstruksi UNM, Muhammad Junaidi menjelaskan, dari hasil serangkain uji konstruksi terungkap bahwa selain faktor usia telah lama tidak direnovasi juga diduga kubah roboh diakibatkan korosi.

"Hembusan senyawa kadar dari air laut serta kelebihan beban. Kelebihan beban itu karena banyaknya retak pada kubah yang ditutup dengan semen. Sehingga menambah beban kubah. Apalagi masjid berada di wilayah pesisir laut," ujarnya Selasa (28/3/2023).

Sebelumnya, ratusan jamaah yang mendengarkan ceramah sebelum tarawih dikejutkan dengan runtuhnya kubah masjid. Sebantak 12 orang dilaporkan terluka, 7 korban harus dirawat di rumah sakit.

Saat ini jamaah menggunakan badan jalan untuk salat fardhu dan tarawih guna mengantisipasi kejadian serupa hingga adanya pemberitahuan resmi jika masjid aman untuk digunakan kembali.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1744 seconds (0.1#10.140)