Tingkatkan Ekonomi Warga, GBB Launching Warung Ganjaran Ramadan

Minggu, 26 Maret 2023 - 22:05 WIB
loading...
Tingkatkan Ekonomi Warga, GBB Launching Warung Ganjaran Ramadan
Relawan GBB membuka Warung Ganjaran Ramadan di Kabupaten Cirebon, Minggu (26/3/2023). Program ini salah satu cara meningkatkan ekonomi masyarakat. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
CIREBON - Relawan Ganjaran Buruh Berjuang (GBB) membuka Warung Ganjaran Ramadan di Kabupaten Cirebon. Program ini salah satu cara meningkatkan ekonomi masyarakat.

Warung ini dimulai pada 26 Maret sampai 11 April 2023. Peluncuran dilakukan oleh pengurus GBB secara simbolis membeli produk UMKM yang berasal dari Cirebon Raya.

"Hari ini kami mencanangkan dimulainya Warung Ganjaran Ramadan yang menyediakan bahan-bahan pokok dan kebutuhan berbuka puasa," kata Ketua Umum GBB Lukman Hakim di kawasan Sukapura, Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon, Minggu (26/3/2023).

Menurut Lukman, warung ini diadakan berkat kolaborasi GBB dengan pelaku UMKM di Cirebon Raya. Di warung ini menyediakan makanan atau takjil gratis untuk berbuka puasa. "Ada yang gratis, ada yang murah, tetapi semua ini dilakukan dengan harga terjangkau bagi masyarakat sekitar," jelasnya.

Lukman menargetkan warung ini tetap ada meski Ramadan telah selesai. GBB akan mengadakan warung serupa di sejumlah wilayah seperti Bandung dan Subang.

Ketua GBB Cirebon Raya, Bong Wisnu Sentosa mengatakan ada belasan pelaku UMKM dengan berbagai produk makanan, minuman hingga kerajinan tangan menghiasai Warung Ganjaran Ramadhan.

Wisnu menjelaskan warung ini adalah bukti mereka bukan hanya sekadar mengajak untuk memilih Ganjar pada Pilpres 2024. Mereka juga ikut meningkatkan perekonomian pelaku UMKM dan memenuhi kebutuhan masyarakat.

Wisnu mengatakan, ke depan akan digelar program untuk dikerjasamakan dengan serikat-serikat buruh di Ciayumajakuning. Sebab Ciayumajakuning merupakan kawasan sentra industri, UMKM, pangan, yang strategis dalam penguatan industri nasional.

Launching warung ini bersamaan dengan pengukuhan Pengurus GBB Cirebon Raya dan kerja sama GBB dengan serikat buruh, pelaku usaha dan pihak lainnya dengan tujuan peningkatan kesejahteraan buruh. Dikukuhkan Ketua GBB Cirebon Raya ialah Bong Wisnu Sentosa, Sekretaris GBB, Asep Sholeh, dan Bendahara GBB, Akhmad.

Buruh yang tergabung di GBB Cirebon Raya juga turut mendeklarasikan dukungan kepada Ganjar Pranowo agar menjadi Presiden 2024. Menurut mereka, Ganjar merupakan sosok yang mau mendengar, duduk bersama, dan berdialog dengan kaum buruh.

Ganjar juga sosok yang mengedepankan musyarawah mufakat dalam menyelesaikan persoalan industrial, ketenagakerjaan, dan kesejahteraan rakyat. "Kami GBB Cirebon Raya dengan bersungguh-sungguh dan penuh kesadaran, mendukung Bapak Ganjar Pranowo menjadi Presiden Republik Indonesia pada Pemilu 2024," kata Wisnu yang diikuti para peserta.

Selain itu, GBB Cirebon Raya turut mengadakan Forum Musyawarah Hubungan Industrial (FMHI). Temanya Cirebon Maju, Rakyat Sejahtera, Kolaborasi dan Harmonisasi antara Pengusaha, Pelaku usaha dan Pekerja di Hotel Zamrud, Sukapura, Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3416 seconds (0.1#10.140)