Gempar, Kapal Pengangkut Sawit Dibajak 26 Pelaku Bersenjata Api dan Golok

Senin, 20 Maret 2023 - 16:48 WIB
loading...
Gempar, Kapal Pengangkut Sawit Dibajak 26 Pelaku Bersenjata Api dan Golok
Para pelaku saat diamankan polisi. (Ist)
A A A
KAYU AGUNG - Sebuah kapal pengangkut kelapa sawit milik perusahaan di Kabupaten OKI, Sumatera Selatan dibajak oleh 26 pelaku. Awak kapal diancam menggunakan senpi dan sajam . Empat pelaku berhasil diamankan polisi.

Peristiwa itu terjadi saat kapal melintas di Perairan Sungai, Desa Karang Sia, Kecamatan Sungai Menang, Kabupaten OKI beberapa waktu lalu.

Polisi yang mendapat laporan langsung melakukan pengembangan dan penyelidikan. Alhasil didapati identitas siapa saja pelaku pembajakan kapal tersebut.

Hingga akhirnya, polisi berhasil mengamankan empat dari 26 pelaku. kempatnya yakni Usman, Abu Sholeh, Karim dan Harun. Semuanya merupakan warga Desa Karang Sia yang berprofesi sebagai petani.

Dari keempat pelaku, polisi berhasil mengamankan tiga pucuk senjata api rakitan dengan empat butir amunisi dan satu butir selongsong. Dua bilah senjata tajam jenis pisau dan satu tojok besi.

"Hasil penyidikan diketahui jika satu di antara empat pelaku merupakan residivis Curas di camp Sungai menang. Sementara pelaku lainnya masih dalam pengejaran," ujar Kapolres OKI, AKBP Dili Yanto, Senin (20/3/2023).

Baca: Menyentuh, Unggahan IG Terakhir Syabda Perkasa Belawa sebelum Meninggal Kecelakaan.

Pelaku akan dijerat Pasal 441 tentang pembajakan dan 365 dengan ancaman kurungan 12 tahun penjara. Kemudian Pasal 1 ayat 1 UU RI No 12 tahun 51 tentang kepemilikan senpi dengan ancaman kurungan 20 tahun penjara dan ayat 2 tentang kepemilikan sajam dengan ancaman 10 tahun penjara.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1426 seconds (0.1#10.140)