RS Siloam Balikpapan Ajak Masyarakat Rajin Latih Kebugaran Fisik

Sabtu, 18 Juli 2020 - 07:38 WIB
loading...
RS Siloam Balikpapan Ajak Masyarakat Rajin Latih Kebugaran Fisik
Ilustrasi olah raga pada masa pandemi COVID-19. Foto/SINDOnews/Dok
A A A
BALIKPAPAN - Menjaga kebugaran tubuh pada masa pandemi COVID-19 semakin penting. Terlebih lagi orang cenderung lebih banyak diam di rumah. Untuk itu, pada masa new normal ini sudah saatnya kita melatih kebugaran fisik.

Dokter spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi Siloam Hospitals ( RS Siloam ) Balikpapan dr Stephanie Theodora SpKFR mengatakan, menjaga kebugaran tubuh sangat penting pada masa pandemi. Mengingat hingga saat ini vaksin untuk virus ini masih belum ditemukan. (Baca juga: Ini Jenis Olahraga yang Disarankan Dokter Reisa Selama Pandemi COVID-19 )

Bahkan, kata dia, selain menjaga kebugaran, olahraga bermanfaat guna menjaga penuaan sel pada tubuh dan peningkatan imun. Kemampuan seseorang untuk melakukan aktivitas sehari-hari secara maksimal. Membutuhkan daya tahan, fleksibilitas, dan kekuatan.

“Bugar ini berarti masih memiliki tenaga cadangan untuk melakukan kegiatan tambahan,” kata dokter spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi Siloam Hospitals Balikpapan dr Stephanie Theodora SpKFRdi saat berbicara di webinar Health Talk Siloam Hospitals Balikpapan, seperti keterangan pers yang diterima SINDOnews, Sabtu (18/7/2020). (Baca juga: Kemenpora Genjot Olahraga Extreme di Tengah Pandemi )

Menurut dr Stephanie, manfaat latihan fisik adalah mampu membuat kadar hormon stress menurun, endorfin atau hormon senang meningkat, aliran darah dan getah bening meningkatkan di semua tempat termasuk di jantung, otak, ginjal, dan lainnya sehingga secara langsung akan mempengaruhi kinerja metabolisme dalam tubuh.

Tidak hanya itu, latihan fisik juga akan memperlambat proses penuaan karena lancarnya aliran darah dan metabolisme yang bekerja dengan baik saat latihan fisik. “Terakhir, manfaat latihan fisik adalah mencegah kelemahan otot, baik otot jantung maupun organ lainnya di seluruh tubuh,” pungkas dia.

Dr Stephanie menyebutkan banyak yang harus diperhatikan saat menjalankan latihan fisik yang aman di masa pandemi. Untuk latihan fisik dalam ruangan, harus diperhatikan ventilasi dan sirkulasi udara yang cukup, latihan cukup tidak berlebihan, dalam kondisi fit, hidrasi baik, tidak merokok, tidak menggunakan pakaian yang terlalu tebal dan harus bisa menyerap keringat, gunakan sepatu yang tepat, dan penerangan yang baik.

Sedangkan bagi yang ingin menjalankan latihan fisik di luar ruangan, sama seperti di dalam ruangan protokol kesehatan pun harus diterapkan. “Bedanya sebaiknya tidak mengunjungi tempat keramaian, tidak menghadiri kumpulan sosial, lakukan sendirian atau bersama keluarga saja. Paling banyak maksimal 2 orang, dan jaga jarak. Jangan lupa bawa handuk dan masker pribadi, dan handsanitizer,” jelasnya,

Lebih lanjut dr Stephanie menyebutkan prinsip latihan fisik yang dilakukan selama pandemi sebaiknya dilakukan sebanyak 2-3 kali dalam seminggu. Untuk durasi, sebaiknya dilakukan minimal 30 menit, dengan melakukan berbagai tahapan pemanasan selama lima menit, inti selama 20-35 menit, dan pendinginan selama 5 menit. Semua tahapan ini tidak boleh dihilangkan. Sebab, pemanasan sangat berguna untuk mempersiapkan semua badan, baik sendi, otot, tulang, dan metabolisme sebelum menjalankan latihan fisik. Sedangkan, pendingin mengurangi risiko cedera setelah latihan berat.

Sementara itu, lanjut dia, intensitas latihan fisik yang disarankan adalah rendah dan sedang. Artinya, batas denyut nadi yang diperbolehkan adalah 40-85% dari denyut nadi maksimal. Untuk menghitung denyut nadi maksimal adalah adalah 220 dikurangi usia. Misalnya, usia 20 tahun, denyut nadi maksimalnya adalah 200, sedangkan untuk latihan rendah dan sedangkan adalah 40-85% dari 200 itu. “Tidak hanya itu, tipe latihan fisik disarankan untuk melakukan yang bervariasi, mulai dari aerobik, penguatan tubuh, fleksibilitas, dan keseimbangan,” tutup dr Stephanie.
(nth)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0891 seconds (0.1#10.140)