Mengenang Nomo Koeswoyo, Musisi Koes Bersaudara yang Berani Sejak Remaja

Kamis, 16 Maret 2023 - 09:37 WIB
loading...
Mengenang Nomo Koeswoyo, Musisi Koes Bersaudara yang Berani Sejak Remaja
usisi Nomo Koeswoyo tutup usia Rabu malam (15/3/2023) di Magelang, Jawa Tengah.Foto/dok
A A A
BLITAR - Musisi Nomo Koeswoyo tutup usia. Nomo yang pernah menjadi penggebuk drum grup musik legendaris Koes Bersaudara meninggal dunia pada Rabu malam (15/3/2023) di Magelang, Jawa Tengah.

“Telah berpulang ke rahmatullah Ayahanda kami/Kakak, Pakde, Paklek, Akung kami, Koesnomo Koeswojo Bin Koeswoyo pada Rabu, 15 Maret 2023, pukul 19.30 Wib di Magelang,” tulis akun IG official.sarikoeswoyo Rabu malam (15/3/2023).

Nomo lahir 21 Januari 1938 di Tuban, Jawa Timur. Ia merupakan putra kelima dari sembilan bersaudara pasangan Koeswojo dan Atmini.

Di antara saudara-saudaranya, yakni Koesdjono (Djon), Koesdini (Dien), Koestono (Tony), Koesjono (Yon), Koesrojo (Yok), Koestami (Miyiek), dan Koesmurni (Nienuk), Nomo terkenal paling berani sekaligus bandel.

Sejak remaja sudah terang-terangan memperlihatkan sikap menolak kuliah. Usai tamat bangku SMP XI dan SMA Taman Madya Jakarta, Koeswoyo ingin melihat anaknya menyandang gelar sarjana.

Baca juga: Nomo Koeswoyo Meninggal Dunia, Musisi Indonesia Berduka

Namun suami Francise Koeswojo atau Meis itu lebih memilih bekerja. Nomo berpandangan, yang bisa mengukur kemampuan otaknya adalah dirinya sendiri, bukan orang lain.

Tentu saja Koeswojo tidak mengizinkan, namun Nomo nekat melawan dan memilih berkelana ke Surabaya, Medan dan sejumlah kota besar lainnya.

“Nomo dianggap anak paling nakal di keluarga Koeswojo. Dia mendapat julukan Crossboy,” demikian dikutip dari buku Jurnalisme Sastrawi, Antologi Liputan Mendalam dan Memikat (2005).

Nomo Koeswoyo sejak awal terlibat di dalam Koes Brothers yang kemudian bersalin nama Koes Bersaudara. Pada tahun 1962, Koes Bersaudara pertama kali rekaman di perusahaan rekaman PT Irama, Cikini Jakarta.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1045 seconds (0.1#10.140)