Sejarah Kesunanan Giri, Sebuah Kerajaan yang Berawal dari Pesantren

Selasa, 14 Maret 2023 - 05:05 WIB
loading...
Sejarah Kesunanan Giri, Sebuah Kerajaan yang Berawal dari Pesantren
Sejarah mencatat, Kesunanan Giri merupakan sebuah kerajaan yang berawal dari pesantren. Perkembangan yang pesat dan kuat membuat petinggi Kerajaan Majapahit kala itu tidak nyaman. Foto ilustrasi
A A A
JAKARTA - Sejarah mencatat, Kesunanan Giri merupakan sebuah kerajaan yang berawal dari pesantren. Perkembangan yang pesat dan kuat membuat petinggi Kerajaan Majapahit kala itu tidak nyaman.

Berbagai upaya pun dilakukan untuk meruntuhkan pemerintahan Kesunanan Giri. Namun, kesunan Giri bertahan hingga keturunan ke-VII. Kerajaan Mataram yang kemudian berhasil mengambil alih Kesunanan Giri.


Bagaimana kisahnya? Kisahnya bermula dari petualangan Sunan Giri . Konon, berbekal segenggam tekstur tanah yang diberikan ayahandanya dari Persia, Maulana Iskak, Raden Paku alias Sunan Giri memulai pertualangannya ke Tanah Jawa, tepatnya di Kadipaten Gresik.

Dari rumah ibu angkatnya, Nyi Ageng Pinatih di Kebungson, salah satu desa yang dekat dengan Kesyahbandaran Gresik, Raden Paku memulai pertualangan. Melalui Margonoto yang saat ini jadi Jalan Veteran naik ke Pegunungan Pertukangan di Putri Cempo.

Dalam perjalanan itu, Sunan Giri yang dikawal dua tentara hebat dari Persia melakukan tirakat memohon petunjuk Tuhan.

Di Pegunungan Pertukangan itu mereka tidak ada petunjuk. Sunan Giri dengan Syech Pujo bersama Syech Grigis kemudian menuju Pegunungan Batang atau Gulomantung. Di lokasi itu, Sunan Giri melakukan tirakat selama 40 hari. Lagi-lagi dia tidak mendapatkan petunjuk.

Meski belum mendapat petunjuk, Sunan Giri tidak putus asa. Dia tetap bersabar dengan menggenggam tanah dari ayahnya, Maulana Iskak. Di Putri Cempo dia melanjutkan uzla selama 40 hari lagi. Dan, meminta Syech Pujo serta Grigis pulang untuk datang lagi di malam ke-40 beruzla.

Nah, pada malam ke-40, ada bintang jatuh di Bukit Giri. Sunan Giri pun mendatangi lokasi itu. Saat dicocokkan dengan tekstur tanah ayahnya, ternyata sama. Dari situ, diputuskan bahwa Sunan Giri memulai siar Islam di Bukit Giri.

Selain menjadi tempat tinggal, tempat ini juga menjadi pesantren. Pesantrennya Giri Kedaton yang didirikan pada 1486 Masehi. Perkembangan pesantren Giri Kedaton pun luar biasa. Santri-santrinyadatanh dari belahan nusantara.

Tidak hanya itu, Sunan Giri yang menjadi salah satu Wali Songo, menjadikan Giri Kedaton sebagai tempat diakuinya para wali dalam penyebaran Islam di Tanah Jawa. Atas saran Sunan Bonang dan diperkuat para wali lainnya, Pesantren Giri Kedaton dijadikan pusat pemerintahan untuk wilayah Gresik dan sekitranya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4079 seconds (0.1#10.140)