Kisah Sunan Giri Meminang 2 Perempuan dan Pohon Delima Bertuah

Rabu, 15 Februari 2023 - 06:30 WIB
loading...
Kisah Sunan Giri Meminang 2 Perempuan dan Pohon Delima Bertuah
Banyak kisah mengenai keistimewaan dan karomah yang dimiliki Sunan Giri yang merupakan salah seorang Wali Songo. (Ist)
A A A
Banyak kisah mengenai keistimewaan dan karomah yang dimiliki Sunan Giri yang merupakan salah seorang Wali Songo. Salah satunya adalah meminang dan menikahi dua gadis cantik dalam waktu satu hari.

Kedua gadis cantik tersebut juga bukan sembarang orang melainkan puteri dari Sunan Ampel sesepuh Wali Songo dan Sunan Bungkul.

Kedua istri Sunan Giri tersebut, yaitu Dewi Murtasiah binti Sunan Ampel dan Dewi Wardah binti Ki Ageng Bungkul. Kisahnya dimulai saat Ki Ageng Supa Bungkul mempunyai sebuah pohon delima yang aneh di depan pekarangan rumahnya.

Setiap kali ada orang hendak mengambil buah delima yang berbuah satu itu pasti mengalami nasib celaka, kalau tidak ditimpa penyakit berat tentulah orang tersebut meninggal dunia.

Oleh karena itu, Sunan Bungkul bernazar, jika ada orang yang selamat tertimpa buah delima miliknya, akan menjodohkan dengan putri kesayangannya, Dewi Wardah.

Kebetulan menjelang pernikahannya dengan Dewi Murtasiyah, Sunan Giri melintas di depan rumah Ki Ageng Bungkul. Tiba-tiba dia tertimpa buah delima milik Ki Ageng Bungkul, yang dikenal punya tuah namun tidak terjadi apa-apa.

Lalu Sunan Bungkul menemui Sunan Giri dan mengatakan nazarnya tersebut. Mendengar nazar Ki Ageng Bungkul itu, Sunan Giri bingung bukan kepalang.

Sebab dia akan melangsungkan akad nikah dengan putri Sunan Ampel gurunya pada hari ini sehingga tak mungkin dibatalkan.

Lalu Sunan Giri menyampaikan ke Sunan Bungkul bahwa dia tidak mungkin menikahi Dewi Wardah karena memang akan berangkat melangsungkan akad nikah dengan Dewi Murtasiah putri Sunan Ampel.

Rencana pernikahan dengan Dewi Murtasiah memang telah dipersiapkan sebelumnya. Namun Sunan Bungkul tetap bersikeras meminta Sunan Giri untuk tetap menikahi puterinya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1501 seconds (0.1#10.140)