Pimpin Pembaretan, Ini Pesan Jenderal Bintang 2 Polisi pada Bintara Remaja Samapta

Sabtu, 11 Maret 2023 - 19:24 WIB
loading...
Pimpin Pembaretan, Ini Pesan Jenderal Bintang 2 Polisi pada Bintara Remaja Samapta
Kapolda Sulawesi Utara (Sulut), Irjen Pol. Setyo Budiyanto melakukan pembaretan kepada personel Bintara Remaja Samapta. Foto/Antara
A A A
MANADO - Upacara pembaretan Bintara Remaja Samapta Polda Sulawesi Utara (Sulut), berlangsung khidmat di Pantai Paal Likupang Timur, Kabupaten Minahasa Utara. Kapolda Sulut, Irjen Pol. Setyo Budiyanto hadir memimpin upacara pembaretan tersebut.



Jenderal polisi bintang dua tersebut, juga berpesan agar para Bintara Remaja Samapta Ditsamapta Polda Sulut, untuk saling menjaga. "Kalian adalah keluarga besar, dan orang-orang terdekat di antara kalian. Saling mengingatkan kalau ada temannya yang ingin berbuat hal-hal yang tidak terpuji," tegasnya.



Dia juga menegaskan, kebanggaan sebagai anggota Polda Sulut, adalah jika bisa melaksanakan tugas dengan baik, bisa melayani masyarakat, dan bisa menjalankan perintah pimpinan dengan baik.



Kegiatan pembaretan Bintara Remaja Ditsamapta Polda Sulut tersebut, diikuti oleh sebanyak 419 bintara remaja, terdiri dari 173 polisi laki-laki dan 10 polisi wanita angkatan 47. Kemudian 226 polisi laki-laki dan 10 polisi wanita angkatan 48.

Upacara penutupan tradisi pembaretan ini, ditandai secara simbolis dengan pelepasan topi rimba perwakilan bintara remaja angkatan 47 dan 48 oleh Kapolda Sulut. Setelah itu, Kapolda Sulut menyiramkan air kembang dan memakaikan baret coklat khas Samapta kepada perwakilan.

Setyo Budiyanti menyampaikan, pembaretan bukan hanya sekadar formalitas tetapi merupakan sebuah proses dan ritual yang mengandung makna. Yaitu, sebagai tanda seorang Bintara Remaja masuk menjadi bagian dari Polda Sulut, lebih khusus Direktorat Samapta.



"Jadi, pembaretan itu kalau secara umum semuanya bisa langsung menggunakan atau memakai baret. Tapi kalau menggunakan dan memakai baret ada prosesnya, ada ritualnya, maka itu membawa sebuah kebanggaan tersendiri sebagai bagian awal untuk bergabung dan melaksanakan tugas di Direktorat Samapta Polda Sulut," tegasnya.

Dia juga mengingatkan, bahwa tantangan tugas Polri ke depan semakin kompleks, terlebih menghadapi tahun politik menjelang Pemilu 2024. "Prosesnya akan berjalan begitu cepat. Nanti ada yang akan ditugaskan dalam pengamanan rangkaian kegiatan Pemilu seperti kampanye, pengamanan TPS dan lainnya," kata Setyo Budiyanto.

Terkait hal tersebut, Dia mengajak seluruh personel khususnya para Bintara Remaja untuk mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya sejak awal. "Mulai dari hari ini sampai nanti dengan pelaksanaan Pemilu, hingga pelantikan presiden dan wakil presiden, tugasnya cukup banyak dan tantangannya cukup berat. Laksanakan tugas itu dengan baik, dan kalau ada yang tidak paham silahkan bertanya secara berjenjang," katanya.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1733 seconds (0.1#10.140)