Hujan Abu Letusan Gunung Merapi Guyur Magelang, Warga Mengaku Sudah Biasa

Sabtu, 11 Maret 2023 - 14:52 WIB
loading...
Hujan Abu Letusan Gunung Merapi Guyur Magelang, Warga Mengaku Sudah Biasa
Hujan abu letusan Gunung Merapi di Malegang. Foto: Istimewa
A A A
MAGELANG - Gunung Merapi kembali memuntahkan awan panas guguran. Sebaran abu vulkanik mengarah ke sisi barat daya Gunung Merapi.

Masyarakat diimbau untuk menjauhi daerah bahaya erupsi Gunung Merapi. Jarak 7 kilometer dari puncak Gunung Merapi di alur Kali Bebeng dan Krasak dikosongkan dari aktivitas masyarakat.

Sejumlah desa di wilayah Kecamatan Srumbung, Pakis, dan kecamatan lainnya di Kabupaten Magelang yang diguyur hujan abu tipis hingga sedang.



"Informasinya, awan panas guguran terjadi tadi sekitar jam 12.12 WIB. Awan panas meluncur ke arah Kali Krasak dan Kali Bebeng. Beberapa waktu setelah guguran awan panas, desa kami diguyur hujan abu," kata Sigit (30) warga Srumbung, Sabtu (11/3/2023).

Dia mengatakan, hujan abu yang terjadi saat ini cukup tebal. "Abunya cukup tebal. Genteng rumah dan pohon di halaman, sebagian berubah warna jadi abu-abu, karena tertutup abu," paparnya.



Menurutnya, warga sudah terbiasa dengan aktivitas vulkanik Gunung Merapi. Meski demikian mereka tetap waspada dan terus memantau perkembangan aktivitas gunung teraktif di dunia itu. Apabila sewaktu-waktu terjadi erupsi yang lebih besar, warga sudah tahu langkah apa yang harus mereka lakukan untuk menyelamatkan diri.

"Warga sudah terbiasa. Apalagi selama kurang lebih satu tahun belakangan ini sering terjadi awan panas guguran dan aktivitas vulkanik lainnya," pungkasnya.
(san)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1071 seconds (0.1#10.140)