Jelang Kunjungan Presiden Jokowi, Polres Ngawi Gelar Pengamanan Sistem Ring

Jum'at, 10 Maret 2023 - 20:46 WIB
loading...
Jelang Kunjungan Presiden Jokowi, Polres Ngawi Gelar Pengamanan Sistem Ring
Kapolres Ngawi AKBP Dwiasi Wiyatputera memantau pengamanan dan survei lokasi di Kartoharjo dan Pasar Beran, Jumat (10/3/2023). Foto/Polres Ngawi
A A A
NGAWI - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melaksanakan kunjungan kerja ke wilayah Ngawi, Jawa Timur pada Sabtu (10/3/2023). Polres Ngawi melakukan pengamanan dengan sistem ring.

Pengamanan itu sesuai petunjuk dan pendampingan dari Kasat Brimob Polda Jawa Timur Kombespol Suryo Sudarmaji.


Kapolres Ngawi AKBP Dwiasi Wiyatputera menjelaskan, pengamanan Presiden di obyek yang akan dikunjungi berdasarkan pembagian tugas dan pola sistem ring yang diterapkan, meliputi ring 1, 2 dan 3.

"Kami menerapkan pola sistem ring, ada ring 1, ring 2 dan ring 3," kata Dwiasi kepada wartawan saat melakukan pemantauan pengamanan dan survei lokasi di Kartoharjo dan Pasar Beran, Jumat (10/3/2023).

Kapolres Ngawi menjelaskan, ring 1 yaitu Paspampres, untuk ring 2 tempat acara yang akan dikunjungi, sedang ring 3 di rute sepanjang perjalanan menuju lokasi.

Khusus untuk ring 2 dalam kunjungan Presiden kali ini, Polres Ngawi mengerahkan sekitar 460 personel.


"Kami menggelar personel pengamanan bersama TNI di Ngawi. Selain ring 1, ring 2 dan ring 3 sekitar 460 personel dengan sistem terbuka dan tertutup. Ada yang berpakaian dinas, ada yang berpakaian preman," jelas Dwiasi.

Sistem pengamanan yang dilakukan kepolisian, lanjut Dwiasi, telah dikolaborasikan dengan pihak TNI sesuai petunjuk Danrem. Mulai dari Presiden datang, pengecekan keamanan lokasi sampai ke arah masuk acara.

Kapolres Ngawi juga sudah memberikan jaminan keamanan sampai di tempat lokasi. Selain itu, kepolisian sudah meminta kepada Pemkab Ngawi untuk menyediakan sejumlah fasilitas seperti fasilitas kesehatan, mandi cuci kakus (MCK), dan keperluan-keperluan lain yang dibutuhkan masyarakat.

"Diharapkan kerja samanya dengan seluruh masyarakat. Sejak masuk juga kami imbau dan beritahu bahwa lokasinya di tempat ini," harapnya.

Menurut Dwiasi, kepolisian memang melakukan antisipasi terkait kegiatan kunjungan Presiden agar berjalan aman dan nyaman.

"Sampai saat ini, situasi dan gladi yang sudah dilaksanakan oleh seluruh pihak, sudah terlaksana," terangnya.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1398 seconds (0.1#10.140)