Ditjen Politik dan PUM Kemendagri Gelar Rakor, Tingkatkan Pemantauan dan Pengawasan Orang Asing

Jum'at, 10 Maret 2023 - 13:39 WIB
loading...
A A A
Kegiatan tersebut ditutup oleh Kasubdit Pengawasan Orang Asing dan Lembaga Asing, Direktorat Kewaspadaan Nasional, Ditjen Politik dan PUM, Kemendagri, Katarina Rambu Babang.

Ia menekankan pentingnya peningkatan sinergitas antara stakeholder melalui koordinasi, kolaborasi dan data sharing dalam rangka peningkatan pemantauan dan pengawasan orang asing dan lembaga asing.

“Pentingnya sinkronisasi program dan anggaran untuk pemantauan orang asing dan lembaga asing dengan memperhatikan ketentuan dan petunjuk pedoman penyusunan APBD setiap tahun," kata Katarina.

Selanjutnya, pentingnya pemahaman terhadap regulasi dan kebijakan terkait pemantauan orang asing dalam perspektif intelijen negara, keimigrasian, dan keamanan diplomatik bagi pemerintah daerah dan aparat terkait.

“Pentingnya pembahasan isu-isu strategis bidang pemantauan dan pengawasan orang asing sehingga dapat menambah informasi dan pengetahuan bagi peserta rapat koordinasi," jelas Katarina.

"Pemerintah daerah melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) perlu mengatensi perhelatan event internasioinal yang mengundang perwakilan dari negara lain seperti Piala Dunia U20 dalam rangka deteksi dini setiap potensi ancaman dan stabilitas sosial," tegasnya.

"Perlu meningkatkan kewaspadan terhadap potensi spionase yang mengancam penyelenggaraan tahapan Pemilu 2024, dan gangguan stabilitas sosial politik," pungkas Katarina.

Rakor tersebut dilakukan secara hybrid yaitu melalui daring dan luring, dan dihadir juga secara langsung oleh perwakilan Badan Kesbangpol Provinsi seluruh Indonesia.

Perwakilan Badan Kesbangpol Kabupaten/Kota se-Provinsi Jawa Tengah. Hadir secara daring Badan Kesbangpol Kab/Kota yang mana peserta berjumlah 80 orang hadir secara luring, dan 230 peserta hadir secara daring.

Kegiatan ini diisi oleh Narasumber yang sangat ahli di bidangnya yang merupakan unsur stakeholder dalam pengawasan orang asing dan lembaga asing diantaranya adalah Direktur Keamanan Diplomatik Kemenlu, Agung Cahaya Sumirat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2550 seconds (0.1#10.140)