Yudi Ditemukan Meninggal di Sungai Sampean Baru

Jum'at, 17 Juli 2020 - 11:52 WIB
loading...
Yudi Ditemukan Meninggal di Sungai Sampean Baru
Tim SAR mengevakuasi jenazah Yudi. Foto: Dok TimSAR
A A A
BONDOWSO - Yudi, 60, warga Desa Kalitape, Kecamatan Tapen, ditemukan Tim SAR gabungan di Sungai Sampean Baru, Kabupaten Bondowoso, pada Jumat (17/7/2020) pukul 00.30 WIB dalam kondisi meninggal.

Koordinator Pos Pencarian dan Pertolongan (SAR) Jember, Rudy Prahara mengatakan, penemuan korban ini berawal dari informasi warga yang melihat ada jenazah yang terapung di sungai, tepatnya di koordinat 7° 50' 52" S 113° 55' 24" E.

"Atas dasar laporan warga ini, tim SAR gabungan kemudian mengerahkan satu SRU (Search and Rescue Unit) untuk melakukan pengecekan di lokasi penemuan jenazah yang dimaksud warga," katanya.(Baca juga : Polda Jatim Gelar Perkara Kasus Pengancaman oleh Sekda Bondowoso )

Setelah memastikan bahwa jenazah yang ditemukan memiliki kesamaan ciri dengan korban yang sedang dicari, selanjutnya tim SAR gabungan mengevakuasi jenazah tersebut dari sungai dan membawanya ke rumah duka untuk diserahkan kepada pihak keluarga.

Rudy mengatakan, sebelumnya dalam upaya pencarian korban, tim SAR gabungan telah mengerahkan empat SRU untuk melakukan pencarian di sungai. SRU pertama bertugas menyisir daerah bendungan Sampean Baru dengan menggunakan perahu karet.

SRU kedua melakukan penyisiran dengan tehnik rafting, dari daerah yang terletak di koordinat 7° 51' 12" S 113° 55' 08" E menuju daerah yang terletak di koordinat 7° 50' 43" S 113° 55' 27" E.

SRU ketiga dan SRU keempat melakukan penyisiran dengan berjalan menyusuri sisi kanan dan kiri sungai, tepatnya bagian sungai yang dangkal, dimulai dari daerah yang terletak di koordinat 7° 51' 12" S 113° 55' 08" E menuju daerah yang terletak di koordinat 7° 50' 43" S 113° 55' 27" E.

Pada saat yang bersamaan, tim SAR gabungan juga mengerahkan satu SRU untuk melakukan pemantauan darat di sejumlah titik, serta menyebarluaskan informasi kejadan ini kepada warga yang beraktifitas di sekitar sungai. Hal ini bertujuan apabila nantinya ada yang melihat korban, maka diharapkan untuk segera melaporkannya kepada petugas.

Selain tim operasi Pos SAR Jember, upaya pencarian Yudi di Sungai Sampean Baru ini juga melibatkan peran dari unsur SAR gabungan, di antaranya dari Polsek Tapen, Koramil Tapen, BPBD Kabupaten Bondowoso .

Kemudian BP 1311 Kwarcab Bondowoso, SAR OPA Jember, SAR Langit, Biting Rescue, SAR Sispala, RAPI, ORARI, SAR Trenggana, Satpol PP Bondowoso, relawan Makelar Akhirat dan warga sekitar.
(nun)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1724 seconds (0.1#10.140)