Gelar Tilang Manual, Petugas Sebut Pelanggaran Didominasi Mahasiswa

Minggu, 05 Maret 2023 - 12:48 WIB
loading...
Gelar Tilang Manual, Petugas Sebut Pelanggaran Didominasi Mahasiswa
Satlantas Polres Muarojambi, Jambi menggelar razia kendaraan bermotor. SINDOnews/Azhari
A A A
MUAROJAMBI - Satlantas Polres Muarojambi, Jambi menggelar razia kendaraan bermotor . Razia digelar di Simpang Tiga, Desa Mendalo Darat, Jambi Luar Kota (Jaluko), Kabupaten Muarojambi , Jambi.

Ironisnya, dari hasil razia tersebut, pelanggaran terbanyak didominasi kalangan mahasiswa dan disusul masyarakat umum.

Ps Kanit Turjawali Satlantas Polres Muarojambi, Aiptu Hendri Gunawan mengatakan, saat ini pihaknya memberlakukan tilang manual bagi setiap pengendara kendaraan bermotor, baik mobil ataupun motor.

"Kita terapkan tilang manual untuk pelanggaran yang kasat mata, seperti tidak mengenakan helm, tidak ada kaca spion," ungkapnya, Minggu (5/3/2023).

Selanjutnya, kata dia, pengendara yang melepas atau memasang plat nomor palsu serta menggunakan knalpot brong, pengendara masih di bawah umur dan kendaraan angkutan barang yang bermuatan lebih.

"Kalau hasilnya, sebagian besar pelanggaran didominasi mahasiswa disusul masyarakat umum lainnya," tukas Hendri.

Pasalnya, di Kecamatan Jaluko ini terdapat dua perguruan tinggi ternama di Jambi, yakni Universitas Jambi (UNJA) dan Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Thaha Syaifuddin Jambi.

Menurutnya, tilang manual untuk jenis pelanggaran kasat mata ini sudah dilakukan Satlantas Polres Muarojambi sejak dua bulan terakhir.

"Setiap harinya, petugas berhasil melakukan sanksi tilang sekitar 30 pengguna jalan yang melanggar. Nantinya, pelanggar disarankan membayar tilang secara online," tandasnya.

Baca: Geger, Mayat Gadis Cantik Ditemukan dengan Leher Nyaris Putus dan Baju Terbuka.

Dia menambahkan, penerapan tilang manual ini dilakukan sebagai upaya untuk mengoptimalkan tilang elektronik.

"Saya mengimbau agar pengendara kendaraan kalau mau berpergian agar mempersiapkan surat dan kelengkapan kendaraannya dan mematuhi rambu-rambu lalulintas," pungkas Hendri.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0893 seconds (0.1#10.140)