Mengerikan! Serangan Moncong Putih Picu Kematian Ribuan Ikan Hias Milik Petani Blitar

Sabtu, 04 Maret 2023 - 11:06 WIB
loading...
Mengerikan! Serangan Moncong Putih Picu Kematian Ribuan Ikan Hias Milik Petani Blitar
Ikan koi yang banyak dibudidayakan warga Kota Blitar. Foto/MPI/Solichan Arif
A A A
BLITAR - Para petani ikan hias di Kota Blitar, dilanda kecemasan. Pasalnya, ikan hias yang mereka pelihara mati mendadak. Kasus kematian ribuan ikan secara mendadak ini, diduga dipicu oleh penyakit moncong putih.



Penyakit moncong putih yang ciri-cirinya tiba-tiba timbul warna putih-putih pada area mulut ikan tersebut, diduga disebabkan oleh perubahan kadar keasaman air kolam yang terjadi akibat musim penghujan.



Hingga awal Maret 2023 ini, tercatat sekitar tiga ribu ekor ikan milik para petani ikan di Kota Blitar, telah mati. Kasus kematian ikan itu tersebar merata di tiga kecamatan.



"Sekitar tiga ribu ikan telah mati, akibat penyakit moncong putih dan jamur pada musim penghujan," ujar Kabid Ketahanan Pangan dan Perikanan, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Blitar, Amir Hamzah.

Wilayah Blitar Raya (Kota Blitar, dan Kabupaten Blitar) dikenal sebagai kawasan sentra petani ikan. Selain ikan hias koi dan koki, masyarakat Blitar juga banyak membudidayakan ikan konsumsi jenis gurami, lele, dan nila.

Khususnya di Kota Blitar, kolam-kolam ikan dengan berbagai ukuran dan metode pemeliharaan banyak ditemui di tiga kecamatan, yakni Sananwetan, Kepanjen Kidul, dan Sukorejo.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2070 seconds (0.1#10.140)