BI Cabang Tegal Siapkan Rp4,5 Triliun untuk Pemenuhan Lebaran

Kamis, 02 Maret 2023 - 12:37 WIB
loading...
BI Cabang Tegal Siapkan Rp4,5 Triliun untuk Pemenuhan Lebaran
Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Cabang Tegal, Jawa Tengah (Jateng) menyiapkan uang tunai sebesar Rp4,5 trilliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat menjelang Ramadhan dan Lebaran Idul Fitri 2023. Foto SINDOnews
A A A
PEKALONGAN - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Cabang Tegal, Jawa Tengah (Jateng) menyiapkan uang tunai sebesar Rp4,5 trilliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat menjelang Ramadhan dan Lebaran Idul Fitri 2023. Penyediaan uang lebaran sebesar itu dilakukan dengan memperhitungkan asumsi makro ekonomi saat ini.



Kepala Kantor Perwakilan BI Cabang Tegal, M Taufik Amrozy mengungkapkan, terkait sistem pembayaran, BI Tegal akan melakukan program bersama perbankan di wilayah kerja BI Tegal.

"Mulai dari wilayah Kabupaten Batang hingga Kabupaten Brebes untuk merencanakan dan memenuhi kebutuhan uang masyarakat menjelang Ramadhan dan Lebaran Idul Fitri 2023 dalam jumlah dan pecahan yang cukup," ujar Taufik.

BI Tegal, lanjut dia, sudah merencanakan itu sejak awal tahun dan terus dikalibrasi lagi menjelang Ramadhan. "Kami lakukan validasi apakah kebutuhan ini bisa memenuhi semua masyarakat. Mengingat, menjelang Ramadhan ini pasti kebutuhan untuk melakukan transaksi mengalami peningkatan," katanya.

Menurutnya, jumlah nominal uang lebaran yang disiapkan tersebut tidak jauh berbeda jumlahnya dari uang lebaran di tahun sebelumnya. Di samping itu, BI Tegal juga memasifkan edukasi cinta, bangga, dan paham rupiah kepada masyarakat melalui berbagai media dan sasaran yang berbeda setiap kali dilakukan.

Untuk mengantisipasi peredaran uang palsu, BI Tegal gencar melakukan sosialisais cinta, bangga, dan paham rupiah. Salah satunya, melalui wayang untuk mengedukasi masyarakat bisa mengenali ciri-ciri keaslian uang.

"Sehingga, masyarakat paham mana uang asli dan uang palsu. Di samping itu, masyarakat bisa mencintai dan bangga, bahwa rupiah itu satu-satunya alat pembayaran dan sebagai salah satu simbol negara sehingga menumbuhkan rasa nasionalisme," pungkasnya.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1840 seconds (0.1#10.140)