Pastikan Keamanan Laut Natuna Utara, KRI Disiagakan 24 Jam Setiap Hari

Kamis, 23 Februari 2023 - 08:17 WIB
loading...
Pastikan Keamanan Laut Natuna Utara, KRI Disiagakan 24 Jam Setiap Hari
Pangkoarmada I, Laksda TNI Erwin S. Aldedharma saat melakukan patroli di Laut Natuna Utara, demi memastikan keamanan wilayah terluar Indonesia. Foto/iNews TV/Alfie Al Rasyid
A A A
NATUNA - Keamanan wilayah Laut Natuna Utara, menjadi prioritas TNI untuk menjaga setiap jengkal kedaulatan wilayah Indonesia. Bahkan, TNI AL menyiagakan Kapal Republik Indonesia (KRI) di wilayah perbatasan tersebut, 24 jam setiap hari.



Demi memastikan keamanan wilayah Laut Natuna Utara, Pangkoarmada I, Laksda TNI Erwin S. Aldedharma juga melakukan patroli udara menggunakan pesawat CN 235. Patroli udara yang dilakukan laksamana bintang dua ini, juga bertujuan memantau kesiapsiagaan prajurit TNI di wilayah perbatasan.



Dari hasil patroli udara tersebut, Erwin memastikan situasi keamanan di Laut Natuna Utara, masih kondusif. Belum ditemukan adanya aktivitas kapal asing yang masuk wilayah perairan Indonesia.



Bahkan, dari udara juga terlihat KRI Kapiten Pattimura 371 bersiaga dan melakukan patroli di batas laut Indonesia. Saat melakukan patroli udara, Erwin sempat melakukan komunikasi dari udara dengan awak KRI Kapiten Pattimura 371.

"Dalam mengamankan Laut Natuna Utara, dituntut kehadiran KRI 24 jam setiap hari, karena berada di wilayah perbatasan antar negara. Sehingga TNI AL mengerahkan beberapa KRI untuk patroli secara bergantian," tegas Erwin.

Pastikan Keamanan Laut Natuna Utara, KRI Disiagakan 24 Jam Setiap Hari


Langkah-langkah pengamanan perbatasan laut tersebut, menurutnya sesuai dengan program pemerintah yang gencar melakukan kebijakan untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional, sehingga membutuhkan dukungan stabilitas dan kondusivitas keamanan.

Selain melakukan pemantauan udara, Erwin juga meninjau Markas Komando Gugus Tempur Laut (Guspurla) Koarmada I yang berada di Selat Lampa. Kondisi sarana dan prasarana yang dimiliki TNI Al di Natuna, akan dievaluasi karena sudah terpengaruh kondisi cuaca dan waktu yang dapat mengalami kerusakan.



Seluruh fasilitas pendukung keamanan wilayah perbatasan tersebut, kata Erwin juga akan direhabilitasi atau renovasi sesuai dengan hasil evaluasi. "Para personel TNI Al diharapkan juga selalu siap siaga dalam menjalankan tugas pengamanan perbatasan," pungkasnya.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1132 seconds (0.1#10.140)