Unik! Wisatawan Serbu Pasar Wisata Tradisional di Toraja Utara

Sabtu, 25 Februari 2023 - 15:43 WIB
loading...
Unik! Wisatawan Serbu Pasar Wisata Tradisional di Toraja Utara
Pengunjung ramai mendatangi pasar wisata tradisional yang menjajakan sejumlah produk lokal di Lembang Embatau, Kecamatan Tikala, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan. Foto/iNews TV/Jufri Tonapa
A A A
TORAJA UTARA - Wisatawan menyerbu pasar wisata tradisional yang digelar di Lembang Embatau, Kecamatan Tikala, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan. Berbagai produk lokal dihadirkan warga Lembang Embatau, dan banyak diminati wisatawan.



Di pasar wisata tradisional ini, juga disediakan sejumlah sayur-mayur produk petani di Lembang Embatau. Harga yang terjangkau, dan kualitas sayur-mayur yang sangat bagus, membuat wisatawan begitu berminat untuk membelinya sebagai oleh-oleh.



Selain itu, sejumlah produk kerajinan tradisional juga dihadirkan warga Lembang Embatau di pasar wisata tradisional tersebut. Di antaranya gelas dari bambu, miniatur rumah adat, hingga berbagai jenis parang tradisional.



Kepala Lembang Embatau, Rio mengaku, sengaja menghadirkan pasar wisata tradisional sebagai upaya memberdayakan masyarakat, dan membangun ekonomi mandiri masyarakat. "Pasar wisata tradisional ini, juga sebagai upaya mendukung pertumbuhan ekonomi kerakyatan," tuturnya.

Unik! Wisatawan Serbu Pasar Wisata Tradisional di Toraja Utara


Pasar wisata tradisional ini digagas oleh Pemerintah Lembang Embatau, bersama warga dan para pemuda. Tujuannya memang untuk mengangkat potensi Lembang Embatau, sehingga mampu menjadi penyokong ekonomi warga.



Salah satu warga yang berdagang di pasar wisata tradisional, Ester Salubongga mengaku, menjual berbagai kerajinan tradisional khas Toraja. "Ada miniatur rumah adat, cangkir kayu, dan peralatan tradisional dari besi. Kami berharap bisa terus berjualan, untuk menambah pemasukan keluarga," tuturnya.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1601 seconds (0.1#10.140)