Teridentifikasi, Ini Penampakan Pelaku Bom Asap di Puncak Gunung Gede Pangrango

Jum'at, 24 Februari 2023 - 15:25 WIB
loading...
Teridentifikasi, Ini Penampakan Pelaku Bom Asap di Puncak Gunung Gede Pangrango
Oknum pendaki yang menyalakan bom asap di Alun alun Gunung Gede Pangrango yang sempat viral di media sosial akhirnya teridentifikasi dan akan diproses hukum. Foto/Tangkapan Layar
A A A
CIANJUR - Oknum pendaki yang menyalakan bom asap di Alun alun Gunung Gede Pangrango yang sempat viral di media sosial aksi akhirnya teridentifikasi. Pelaku pun akan diproses hukum sesuai perundang undangan yang berlaku.

"Setelah kami koordinasi dengan pihak berwajib, akhirnya pelaku teridentifikasi dan akan kami proses sesuai Peraturan Perundang-undangan," kata Kepala Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) Sapto Aji Prabowo dalam keterangan resminya, Jumat (24/2/2023).


Pihaknya menegaskan, para pendaki yang akan melakukan pendakian di Gunung Gede Pangrango agar tidak menyalakan kembang api, petasan, mercon, falre, smokeboom dan sejenisnya.

"Di dalam hutan terdapat banyak sekali mahluk yang hidup selain manusia.

"Percikan api dari mercon, kembang api dan flare dapat memicu kebakaran hutan. Alun-alun Suryakencana dan Alun-alun Mandalawangi banyak ditumbuhi rumput yang rawan terbakar," jelasnya.

Selain itu, kata dia, asap yang keluar dari mercon, kembang api, flare, dan bom asap berpotensi mengganggu kesehatan, karena mengandung karbon dioksida dan karbon monoksida.


"Bukan hanya kesehatan sang pelaku, tapi juga para pendaki di sekitarnya," tegasnya.

Oleh karena itu, pihaknya berharap pendaki tidak melakukan aksi yang merugikan dirisendiri dan orang lain.

"Kalau para pendaki melihat ada pengunjung lain yang melakukan hal tersebut, silakan ditegur langung demi kebaikan dan kesehatan kita bersama," harapnya.

Sebelumnya, sebuah video viral di media sosial seorang pendaki menyalakan bom asap dilokasi yang diduga di Puncak Gunung Gede Pangrango.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1889 seconds (0.1#10.140)