4 Petugas Kebersihan Natuna Meninggal dalam 2 Bulan, Dinas Lingkungan Hidup Gelar Pemeriksaan Kesehatan

Selasa, 21 Februari 2023 - 09:53 WIB
loading...
4 Petugas Kebersihan Natuna Meninggal dalam 2 Bulan, Dinas Lingkungan Hidup Gelar Pemeriksaan Kesehatan
Petugas DLH Kabupaten Natuna memeriksa kesehatan para petugas kebersihan menyusul kematian empat petugas dalam dua bulan terakhir.
A A A
NATUNA - Empat orang petugas kebersihan di Natuna meninggal dunia secara beruntun dalam kurun dua bulan terakhir. Menyikapi itu, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Natuna memeriksa kesehatan para petugas kebersihan.

Menurut Kepala DLH Kabupaten Natuna, Ferizaldy, selama ini para petugas kebersihan tidak dapat bekerja dan selalu beralasan sakit. Sehingga pemeriksaan kesehatan tersebut untuk mendeteksi penyakit sejak dini.

“Berdasarkan riwayat, banyak pekerja kami yang izin karena alasan sakit. Kemudian dalam dua bulan terakhir, ada 4 pekerja yang meninggal,” ujar Ferizaldy, Selasa (21/02/2023).

Baca juga: 6 Helikopter Fokus Evakuasi Kapolda Jambi di Hutan Kerinci

Ferizaldy belum mengetahui penyebab 4 orang petugas kebersihan itu meninggal dunia namun diduga ada kaitannya dengan pekerjaan. Jadi, DLH mengadakan pemeriksaan kesehatan para petugas kebersihan untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.

“Mungkin tidak terpantau oleh kami dan tidak tau sebabnya. Jadi, kami berinisiatif untuk memantau kesehatan mereka di awal tahun ini,” katanya.

Di samping itu, para petugas kebersihan di Natuna juga pernah ada yang dirawat di Rumah Sakit. Hal tersebut diduga kuat ada keterkaitan dengan pekerjaan mereka.

Petugas kebersihan di Kabupaten Natuna juga sudah terdaftar di BPJS Kesehatan. Sehingga, DLH berinisiatif untuk memanfaatkan program kesehatan tersebut.

“Mereka sudah terdaftar di BPJS. Sayang kalau tidak dipantau karena selain produktivitas kami tinggi, mereka dapat pemantauan kesehatan yang lebih baik,” katanya.

Lanjutnya, pemeriksaan kesehatan itu dilakukan setiap satu kali dalam setahun. Nantinya akan ada pemeriksaan lagi jika diperlukan untuk pemeriksaan lebih lanjut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2279 seconds (0.1#10.140)