Hari Jadi Pura Mangkunegaran Bakal Diisi Beragam Festival Musik, Kuliner serta Half Maraton

Senin, 20 Februari 2023 - 20:17 WIB
loading...
Hari Jadi Pura Mangkunegaran Bakal Diisi Beragam Festival Musik, Kuliner serta Half Maraton
Sri Paduka Mangkoenagoro X (keduakanan), Marah Andikha, Direktur Sisi+ by Katadata, Ketua Penyelenggara Adeging Pura Mangkunegaran 266 (kanan), Vina Panduwinata, Artis (kedua kiri) dan Brigitta Hardi, Artis (kiri) dalam acara konfrensi pers Adeging Pura M
A A A
SOLO - Memperingati hari jadi Pura Mangkunegaran ke-266 beragam kegiatan akan diisi mualai dari festival musik, kuliner, hingga Half Marathon di Solo pada Minggu (12/3/2023) mendatang.

Nantinya, sejumlah musisi nasional dan aneka sajian makanan legendaris, nantinya festival kuliner akan digelar di lapangan atau Pamedan Pura Mangkunegaran, selain itu rute lomba lari dengan kategori 5, 10, dan 21 kilometer (half marathon) akan melintasi sebagian Kota Solo.

Pemimpin Pura Mangkunegaran, Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Mangkoenagoro X, mengatakan Festival Musik dan Kuliner Laras Hati Mangkunegaran merupakan bentuk pemajuan budaya yang menjangkau masyarakat luas dan dikemas sesuai kondisi masa kini.

“Regenerasi di masyarakat terus terjadi, namun kebudayaan harus dilestarikan. Laras Hati Mangkunegaran merupakan kolaborasi antara Pura Mangkunegaran dengan Katadata Indonesia dan Yayasan DNC untuk menjaga kebudayaan,” ujarnya dalam siaran pers, Senin (20/2/2023).

Bisa dikatakan, lanjutnya, kegiatan itu sebagai perangkat komunikasi dan interaksi dengan masyarakat luas.

Termasuk Festival Musik dan Kuliner Laras Hati Mangkunegaran yang dirancang untuk meningkatkan pengetahuan dan penerimaan masyarakat secara luas pada Pura Mangkunegaran.

Dengan adanya Festival Laras Hati Mangkunegaran dan Mangkunegaran Run in Solo, masyarakat bisa datang ke Pura Mangkunegaran.

“Harapannya, masyarakat belajar tentang Pura Mangkunegaran dan beraktivitas di Pura Mangkunegaran. Acara ini bukan hanya milik Pura Mangkunegaran, namun milik masyarakat Solo dan sekitarnya,” ujar KGPAA Mangkoenagoro X.

Ketua Penyelenggara Festival Musik dan Kuliner Laras Hati Mangkunegaran serta Mangkunegaran Run in Solo, Marah Andikha, mengatakan rangkaian acara ini menjadi penting perayaan dalam
kegiatan itu. Terlebih acara akan diisi beragam artis dari lintas generasi.

Ini terlihat dari beberapa musisi nasional akan meramaikan festival tersebut, antara lain grup musik RAN, Marion Jola, dan Vina Panduwinata.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1237 seconds (0.1#10.140)