Ratusan Warga Rela Berdesakan hingga Terjepit Demi Gunungan Hasil Bumi dan Buah Durian

Minggu, 19 Februari 2023 - 16:49 WIB
loading...
Ratusan Warga Rela Berdesakan hingga Terjepit Demi Gunungan Hasil Bumi dan Buah Durian
Ratusan warga Kediri rela berdesakan hingga terjepit demi gunungan hasil bumi dan buah durian, bahkan ada yang sampai terluka. Foto: iNewsTV/Afnan Subagio
A A A
KEDIRI - Ratusan warga di Kabupaten Kediri , Jawa Timur rela berdesak-desakan hingga terjepit demi berebut gunungan hasil bumi dan buah durian. Pemandangan itu terlihat dalam rangka memperingati hari jadi ke-1219 Kabupaten Kediri, Minggu (19/2/2023).

Usai berdoa, sebanyak 34 gunungan berisi sayur sayuran, buah buahan termasuk durian langsung diserbu ratusan warga. Mereka rela berdesak-desakan di tengah kerumunan massa demi mendapatkan isi gunungan yang dipercaya bisa mendatangkan berkah.



Bahkan salah seorang peserta mengalami luka pada bagian kening akibat terkena kulit durian.



“Kami rela berebut gunungan sayur mayur supaya mendapatkan berkah, keberuntungan serta kesehatan. Kami itu juga berharap agar hasil panen mendatang bisa melimpah,” kata salah seorang warga yang ikut dalam perayaan itu, Sunarsih.

Sementara itu, Hengki Dwi Setiawan, Kades Puncu mengatakan, kirab gunungan tersebut bertujuan untuk memunculkan potensi pertanian di wilayah Kecamatan Puncu.



“Ada sebanyak 34 gunungan hasil bumi dan durian yang diperebutkan, total buah durian sebanyak 1219 yang dibagikan,” katanya.

Hengki menambahkan, sebelum diserbu oleh warga, gunungan-gunungan tersebut dikirab sejauh dua kilometer dan diarak menuju lapangan Desa Puncu.

“Diharapkan kegiatan serupa dapat menjadi agenda rutin setiap tahun, pasalnya kegiatan itu juga dalam rangka memperingati hari jadi ke 1219 Kabupaten Kediri,” pungkasnya.
(nic)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1918 seconds (0.1#10.140)