3 Pasar Tradisional di Majalengka Diusulkan Naik Level Tahun Ini

Jum'at, 17 Februari 2023 - 10:19 WIB
loading...
3 Pasar Tradisional di Majalengka Diusulkan Naik Level Tahun Ini
Pjs Ketua DPW PPP Jawa Barat Pepep Saepul Hidayat (tengah) didampingi Ketua DPC PPP Majalengka Moch. Fajar Shidiq (ke dua dari kiri). Foto SINDOnews
A A A
MAJALENGKA - Tiga pasar tradisional di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat disusulkan naik level tahun ini. Untuk itu, pemerintah harus mengeluarkan anggaran guna memperbaiki fasilitas bangunan pasar-pasar tersebut.

Tiga pasar yang diusulkan untuk diperbaiki yakni Pasar Jatitujuh, Cigasong, dan Pasar Kadipaten. Anggota DPRD Majalengka Moch. Fajar Shidiq mengatakan, pemerintah memiliki tanggung jawab untuk melakukan perbaikan itu.



Dalam melakukan perbaikan pasar, tegas Fajar, pemerintah tidak bisa menerapkan dengan sistem BGS (Bangun Guna Serah), seperti yang mencuat dalam rencana pembangunan pasar Cigasong.

"Kami menolak sistem BGS yang diserahkan semua kepada investor. Tahun ini pasar Jatitujuh, Cigasong, dan Kadipaten diusulkan perbaikan. Kalau Pemda nggak punya duit, usulan diajukan ke Kementerian dan Pemprov. Di sana ada pos untuk itu," kata Fajar, Jumat (17/2/2023).

Pjs Ketua DPW PPP Jawa Barat Pepep Saepul Hidayat mengatakan, terkait peningkatan level pasar, pemerintah provinsi memiliki program pasar juara. Lewat program tersebut, pemerintah daerah bisa berkolaborasi dalam hal pembiayaan untuk membangun pasar-pasar tradisional yang ada.

"Membangun kolaborasi, apa yang dari daerah, pusat, dan provinsi. Saya baru denger ternyata yang Cigasong itu, rencananya diserahkan sepenuhnya ke investor," kata Pepep.
Salah satu pembangunan pasar yang sudah terealisasi dengan sistem kolaborasi dalam pembiayaan terdapat di Kabupaten Sumedang yakni Pasar Tanjungsari.

"Di Tanjungsari itu gotong royong (antara Pemda, Pemrpov, dan Pusat). (Setelah jadi) Pedagang pasar (dikasih) gratis. Sudah mah (para pedagang di pasar tradisional) berkompetisi dengan pemodal kuat, mau dagang malah harus beli. Di provinsi itu justru didorong untuk membuat pasar juara, hasil kolaborasi antara Pemprov dan Pemkab/Pemkot," tegasnya.

(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1768 seconds (0.1#10.140)