Hajat Dalem Tingalan Jumenengan 19 SISKS PB XIII Dihadiri 13 Kasultanan dan 18 Ratu Kerajaan Nusantara

Kamis, 16 Februari 2023 - 11:25 WIB
loading...
Hajat Dalem Tingalan Jumenengan 19 SISKS PB XIII Dihadiri 13 Kasultanan dan 18 Ratu Kerajaan Nusantara
Sultan Sekala Brak Yang Di Pertuan Ke-23, Paduka Yang Mulia (PYM) Sai Batin Puniakan Dalom Beliau (SPDB) Pangeran Edward Syah Pernong saat berada di pintu Kamandungan Keraton Kasunanan.
A A A
SOLO - Sebanyak 3.000 tamu menghadiri Hajad Dalem Tingalan Jumenengan ke-19 SISKS Paku Buwono (PB) XIII Hangabehi di Sasana Sewaka Keraton Kasunanan , Solo, Kamis (16/2/2023).

Para tamu merupakan kerabat Keraton Kasunanan, perwakilan 13 Kerajaan Nusantara, para pejabat pemerintah dan para abdi dalem. Mereka mulai masuk ke lokasi utama melewati pintu kamandungan sekitar pukul 09.00 WIB.

Sebelum masuk dalam Keraton Kasunanan, salah satu kerajaan yakni Kasultanan Kepaksian Sekala Brak, Lampung menyelenggarakan tradisi Alam Kemisir yang menampilkan tarian perang dengan iringan rebana mengelilingi Kamandungan.

Baca juga: Genap 1 Abad RSU PKU Muhammadiyah, Bangun Rumah Sakit di Jayapura

Usai tradisi tersebut, Sultan Sekala Brak Yang Dipertuan ke-23, Paduka Yang Mulia (PYM) Sai Batin Puniakan Dalom Beliau (SPDB) Pangeran Edward Syah Pernong meminta izin kepada putra PB mewakili Lembaga Dewan Adat, KGPH Hangabehi.

"Kedatangan ke sini menghadiri undangan Jumenengan Keraton Kasunanan PB XIII, sekaligus silaturahmi dengan keluarga besar. Saya mewakili 13 Kasultanan dan 18 Ratu yang hadir. Izin untuk masuk ke dalam kerjaan," ungkap Pangeran Edward Syah Pernong.

KGPH Hangabehi pun menerima kedatangan perwakilan kerajaan Nusantara. Dia berharap perwakilan yang hadir bisa menjadi saksi atas penyelenggaraan Tinggalan Jumenengan. "Saya terima dan silahkan masuk ke tempat yang telah disediakan," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, acara inti Hajad Dalem Tingalan Dalem Jumenengan ke-19 SISKS PB XIII Hangabehi yakni pertunjukan tari Bedhaya Ketawang akan dimulai pada pukul 10.00 WIB.

Acara kemudian dilanjutkan dengan kirab jumenengan pada sore harinya dengan rute serupa dengan rute kirab malam satu suro.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4244 seconds (0.1#10.140)