Genap 1 Abad RSU PKU Muhammadiyah, Bangun Rumah Sakit di Jayapura

Rabu, 15 Februari 2023 - 19:12 WIB
loading...
Genap 1 Abad RSU PKU Muhammadiyah, Bangun Rumah Sakit di Jayapura
Suasana depan RSU PKU Muhammadiyah Jogjakarta yang direvovasi tepat pada usia genap 1 abad, Rabu (15/2/2023). Foto/MPI/Erfan Erlin
A A A
JOGJAKARTA - Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah, Haedar Nashir berharap RSU PKU Muhammadiyah Jogjakarta menggambarkan perjalanan sejarah pendirian rumah sakit sekaligus perkembangan Islam di Nusantara.

Haedar menjelaskan, RS PKU Muhammadiyah Jogjakarta genap berusia 1 abad untuk versi kalender Islam, namun sejatinya berusia 103 tahun versi tahun hijriyah. Perjalanan panjang sebuah rumah sakit Islam yang didirikan di zaman penjajahan kala itu.


RS PKU Muhammadiyah menggambarkan kehadiran sebuah gerakan untuk penolong kesengsaraan masyarakat umum di bidang kesehatan untuk semua lapisan masyarakat

"RSU PKU Muhammadiyah ini disebut sebagai rumah sakit pribumi pertama. rumah sakit Islam pertama di Indonesia yang tentu ini tak tergantikan dan tidak akan ada yang bisa menyamainya," kata Haedar saat kick off pembangunan rumah sakitnya PKU Reborn di Jogjakarta, Rabu (15/2/2023)

Menurut Haedar rumah sakit PKU Muhammadiyah sudah berdiri bahkan sebelum organisasi lain berdiri. Hal ini menggambarkan dari perjalanan sejarah yang penting untuk bangsa Indonesia terutama warga Muhammadiyah.

Dan ketika rumah sakit ini reborn dengan membangun gedung yang juga menggambarkan wajah satu abad ke depan, bukan satu abad yang lalu tetapi satu abad itu nanti.



Di mana menggambarkan bukan hanya perjalanan sejarah RS PKU Muhammadiyah tetapi juga menggambarkan fi'il medis sekaligus di ilmu kedokteran antara paten dan future.

"Jadi antara masa lalu dan masa depan yang berkelanjutan," tambahnya.

Gedung RS Muhammadiyah Jogjakarta merupakan perjalanan Muhammadiyah saat berdiri pada 1912. Sebuah perjalanan panjang satu dasawarsa untuk melahirkan sebuah gagasan besar mendirikan sebuah hospital.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1816 seconds (0.1#10.140)