Korupsi Dana Tunjangan Rumdis Dewan, Mantan Sekwan DPRD Kerinci Ditahan

Selasa, 14 Februari 2023 - 12:54 WIB
loading...
Korupsi Dana Tunjangan Rumdis Dewan, Mantan Sekwan DPRD Kerinci Ditahan
Ilustrasi tangan diborgol. Foto: Istimewa
A A A
SUNGAIPENUH - Setelah diperiksa hampir 8 jam lebih, akhirnya mantan Sekretariat Dewan DPRD Kerinci, Adli ditahan Kejaksaan Negeri Sungai Penuh. Adli ditahan karena kasus dana tunjangan rumah dinas.

Pantauan di Kejari Sungaipenuh, selama pemeriksaan juga terlihat mobil tahanan Kejari Sungai Penuh dengan nomor B 1790 SQP telah disiapkan di depan kantor.

Setelah dilakukan pemeriksaan, Adli dengan menggunakan baju rompi warna orange dan kopiah hitam langsung dibawa ke Rutan Kelas II B Sungai Penuh dengan status sebagai tahanan jaksa selama 20 hari.



Dihari yang sama, juga terlihat Ketua DPRD Kerinci, Edminuddin, inspektorat, kabag hukum juga dilakukan pemeriksaan sebagai saksi dan langsung meninggalkan Kejari Sungaipenuh.

Kejari Sungai Penuh, Antonius Despinola mengatakan, ada 3 orang yang telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus tunjangan rumah dinas DPRD Kerinci tahun 2017 sampai 2021.

"Tiga orang itu berinisial AD selaku Mantan Sekwan, inisial BN merupakan staf mantan Sekwan, dan inisial LL merupakan pihak ketiga yang mengaku dari KJPP, padahal bukan," katanya, Selasa (14/2/2023).



Dalam kasus ini, negara dirugikan Rp4,9 miliar. Bukan itu saja, dia juga menyebut terdapat penggelapan dari masa transisi dewan yang lama menuju dewan yang baru.

"Di mana, terdapat pencairan runjangan rumdis dewan sebesar lebih kurang Rp400 juta, namun tidak diberikan kepada Dewan. Dewan yang lama, maupun yang baru tidak menerima, terjadi penggelapan,” ungkapnya.

Untuk diketahui, Kejaksaan Negeri Sungai Penuh pada akhir tahun 2022 telah meningkatkan status kasus dari penyelidikan ke penyidikan terkait dengan dugaan korupsi tunjangan perumahan Pimpinan dan Anggota DPRD Kerinci tahun 2017 sampai 2021.
(san)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.4048 seconds (0.1#10.140)