Bupati Bandung Barat Hengki Kurniawan Terima Penghargaan Bhakti Ekonomi Desa

Jum'at, 03 Februari 2023 - 14:30 WIB
loading...
Bupati Bandung Barat Hengki Kurniawan Terima Penghargaan Bhakti Ekonomi Desa
Bupati Bandung Barat Hengki Kurniawan saat menerima Penghargaan Bhakti Ekonomi Desa dari Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar pada Peringatan Hari BUM Desa, Kamis (2/2/2023). (Foto/Dok.Humas KBB)
A A A
KABUPATEN BANDUNG BARAT - Bupati Bandung Barat Hengki Kurniawan menerima Penghargaan Bhakti Ekonomi Desa dari Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar. Ini jadi sebuah kebanggaan bagi Kabupaten Bandung Barat (KBB) mengingat dari 514 kabupaten/kota di Indonesia, hanya 24 daerah saja yang menerima penghargaan tersebut.

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi pada Peringatan Hari BUM Desa di Desa Teluk Bakau, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau, Kamis (2/2/2023) malam.

Lencana Bhakti Ekonomi Desa adalah penghargaan yang sangat prestisius bagi seorang kepala daerah. Sebab diberikan kepada kepala daerah yang mempunyai komitmen mentransformasikan 100% pengelolaan dana bergulir masyarakat eks PNPM-MPD menjadi BUMDes bersama.

"Terima kasih atas penghargaannya. Ini adalah keberhasilan dan hasil kerja kita semua jajaran Pemkab Bandung Barat bersama 165 pemerintahan desa di KBB dan seluruh komponen masyarakat desa, yang turut mendukung dan menyukseskan program di pedesaan," kata Hengki seusai menerima penghargaan.

Menurutnya, penghargaan ini menjadi motivasi untuk bekerja lebih baik lagi membangun ekonomi desa dengan berbagai kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah. Ini juga sekaligus membuktikan adanya sinergi yang kuat antara Pemda KBB dan 165 pemerintahan desa di Bandung Barat dalam merealisasikan berbagai program dan kegiatan yang sesuai dengan aspirasi dan keinginan masyarakat.

"BUM Des merupakan salah satu kekuatan ekonomi yang dimulai dari desa dan potensi yang dimiliki semua desa di KBB. Sebagai upaya untuk mentransformasi UPK PNPM sebagai BUM Des bersama demi mendukung tercapainya Bandung Barat Ekonomi Kuat 2030," tandasnya.

Menteri Desa PDT dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar menyebutkan, hingga kini sudah terbentuk sebanyak 60.417 BUM Desa diseluruh Indonesia. Jika semua potensi tersebut digunakan untuk membangun konektivitas ekonomi, dirinya optimistis desa-desa di Indonesia akan mengalami kemajuan yang luar biasa.

"Potensi BUM Desa di seluruh Indonesia sangat besar, yang bisa berkontribusi pada kemajuan daerah. Makanya mulai sekarang, setiap tanggal 2 Februari akan diperingati sebagai Hari BUM Desa Nasional," ucapnya. Advertorial
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2093 seconds (0.1#10.140)