Berpura-pura Salat, Pencuri Kotak Amal Kepergok Warga

Rabu, 15 Juli 2020 - 07:01 WIB
loading...
Berpura-pura Salat, Pencuri Kotak Amal Kepergok Warga
Pelaku pencurian kotak amal ditangkap warga saat beraksi di Musala Al Ishlah Desa Kitasari, Kecamatan Kutasari, Kabupaten Purbalingga. Foto/Ist.
A A A
PURBALINGGA - Pelaku pencurian kotak amal ditangkap warga saat beraksi di Musala Al Ishlah Desa Kitasari, Kecamatan Kutasari, Kabupaten Purbalingga. Pelaku kemudian diamankan polisi ke Polsek Kutasari, untuk proses selanjutnya.

(Baca juga: Kebakaran Hebat Landa Kawasan Hutan Lindung di Sikka )

Kapolsek Kutasari, AKP Agus Amjat Purnomo saat dikonfirmasi, Selasa (14/7/2020) membenarkan bahwa pelaku diketahui berinisial NS (25) warga Desa Karangjambu, Kecamatan Karangjambu, Kabupaten Purbalingga. Pelaku ditangkap warga saat beraksi.

"Sebelumnya pelaku berpura-pura melaksanakan salat di musala tersebut. Namun kemudian mencoba membongkar kotak amal dengan kunci palsu yang dibawanya," kata Agus.

(Baca juga: Cinta Ditolak, Napi Asimilasi Bacok Wanita Idamannya )

Warga curiga dengan gerak-gerik pelaku yang tidak melakukan wudhu namun langsung masuk musala dan mendekati kotak amal. Saat kepergok pelaku sempat mengelak namun warga kemudian menangkapnya dan melaporkan ke Polsek Kutasari.

Polisi langsung mendatangi lokasi kejadian setelah mendapat laporan warga. Kemudian mengevakuasi pelaku dari lokasi untuk diamankan ke Polsek Kutasari, bersama barang bukti yang ditemukan.

"Kita evakuasi pelaku pencurian untuk menghindari aksi main hakim sendiri warga. Karena di sekitar lokasi pelaku diamankan, puluhan warga sudah berkumpul," jelasnya.

(Baca juga: Dituduh Curi Tabung Gas, Pria di Oku Bacok Temannya Sendiri )

Berdasarkan keterangan tersangka, ia sudah berniat melakukan pencurian kotak amal. Saat berkeliling dan melintas di musala tersebut, kemudian langsung masuk dan mencoba membongkar kotak amal dengan kunci yang dibawanya. Namun kunci tersebut patah dan aksinya kemudian dipergoki warga sekitar.

Dari tangan pelaku diamankan sejumlah barang bukti di antaranya tas hitam berisi 51 anak kunci, sejumlah uang tunai Rp191 ribu yang terdiri dari berbagai pecahan, sepeda motor yang dipakai pelaku, serta kotak amal musala yang hendak dibongkar pelaku.

"Kita masih lakukan pemeriksaan secara intensif terhadap pelaku pencurian kotak amal tersebut untuk pengembangan kasusnya," pungkas Agus.
(eyt)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1970 seconds (10.55#12.26)