Pemkot Kotamobagu Belajar Administrasi dan Pelayanan Publik di Bone Bolango

Kamis, 02 Februari 2023 - 15:36 WIB
loading...
Pemkot Kotamobagu Belajar Administrasi dan Pelayanan Publik di Bone Bolango
Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu melakukan kunjungan kerja dan silaturahmi di Kabupaten Bone Bolango, Rabu (1/2/2023).
A A A
SUWAWA - Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu melakukan kunjungan kerja dan silaturahmi di Kabupaten Bone Bolango, Rabu (1/2/2023).

Di bawah pimpinan langsung Wali Kota Kotamobagu Tatong Bara dan Sekretaris Daerah Sofyan Mokoginta, 43 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta empat camat belajar tentang administrasi dan pelayanan publik di Kabupaten Bone Bolango.

Walikota Tatong Bara mengungkapkan dirinya tertarik atas berbagai prestasi yang diraih oleh Kabupaten Bone Bolango sehingga bisa mengantarkan menjadi kabupaten maju di Provinsi Gorontalo.

"Kami ingin terus memperkaya ilmu di usia kami yang telah memasuki 16 tahun agar menjadi maju dengan 123 ribu penduduk yang dibagi dalam 4 kecamatan, 15 desa, dan 18 kelurahan," ujarnya.

Tatong juga ingin meraih prestasi Sakip BB sama halnya dengan Kabupaten Bone Bolango yang dalam penilaian kemarin hanya terpaut nol koma sekian persen di bawah kabupaten yang kemarin baru saja memasuki usia 20 tahun itu.

"Saya akan minta seluruh OPD untuk bisa menggali segala ilmu agar apa yang dicapai oleh Bone Bolango bisa menjadi rujukan pembangunan di Kota Kotamobagu. Selain itu kami juga ingin belajar pemberdayaan wiarausaha," ucapnya.

Tatong juga menggambarkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Kotamobagu sebesar Rp90 miliar yang tidak sekaya Kabupaten Bone Bolango. Sementara untuk pertumbuhan ekonomi Kota Kotamobagu berada pada angka 4 persen, Indeks Pembangunan Manusia 73 persen dan angka kemiskinan terendah nomor 2 di Sulawesi Utara sebesar 5 persen.

Bupati Bone Bolango Hamim Pou yang menerima langsung kunjungan kerja dan silaturahmi dari Pemkot Kotamobagu mengaku sangat bergembira menyambut kedatangan rombongan Pemkot Kotamobagu.

Bupati Bone Bolango dua periode itu mengatakan berbagai prestasi yang diraih oleh daerah yang dipimpinnya bersama Wakil Bupati Merlan S. Uloli itu berkat efisiensi yang terus dilakukan di tengah keterbatasan fiskal daerah.

"Kita di sini serba efisien. Perjalanan dinas di masing-masing OPD pun tidak lebih dari Rp100 juta. Namun itu bisa kami buktikan dengan raihan prestasi WTP 9 tahun terakhir, Sakip BB, kabupaten maju di Provinsi Gorontalo," pungkasnya.

Dijadwalkan besok rombongan Pemerintah Kota Kotamobagu akan meninjau langsung Mall Pelayanan Publik sebagai pusat pelayanan publik di Bone Bolango dan Wisata Hiu Paus.
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3271 seconds (0.1#10.140)