Mpu Kapat, Sosok Misterius yang Jadi Petinggi Kerajaan Majapahit

Selasa, 31 Januari 2023 - 05:06 WIB
loading...
Mpu Kapat, Sosok Misterius yang Jadi Petinggi Kerajaan Majapahit
Mpu Kapat, salah satu petinggi Kerajaan Majapahit yang memiliki peran penting. Kendati demikian, sosok Mpu Kapat tidak terkenal seperti Mpu yang lain semisal Mpu Nala, sang panglima perang. Foto ilustrasi
A A A
JAKARTA - Mpu Kapat, salah satu petinggi Kerajaan Majapahit yang memiliki peran penting. Kendati demikian, sosok Mpu Kapat tidak terkenal seperti Mpu yang lain semisal Mpu Nala, sang panglima perang Kerajaan Majapahit. Pun dia tenggelam dalam pamor termasyur Mpu Prapanca, sang pujangga dan penulis kitab Nagarakretagama.

Seperti apa peran Mpu Kapat dalam Kerajaan Majapahit? Dalam buku "Tafsir Sejarah Nagarakretagama" karya Prof. Slamet Muljana disebutkan bahwa Mpu Kapat yang menjabat sebagai wreddha menteri mengemban peran strategis dalam pemerintahan Majapahit.



Dalam Nagarakretagama pada Pupuh 9/3, disinggung apa dan bagaimana wreddha menteri itu. Pada kakawin tersebut disinggung tempat duduk para menteri di paseban dan menyinggung adanya sang sumantri pinituha, yakni menteri sepuh atau wreddha menteri.

Mengenai jabatan wreddha menteri itu sendiri, pertama kali dijumpai di masa pemerintahan Raja Jayanagara pada tahun 1323. Saat itu jabatan wreddha menteri dipegang oleh Sang Arya Patipati Mpu Kapat.

Nama wreddha menteri Mpu Kapat disebut dalam golongan pada tanda rakryan ring pakirakiran makebehan, sesudah penyebutan patih Daha Dyah Purusa Iswara dan patih Majapahit Dyah Halayuda. Karena adanya kata umingsor (ke bawah), maka kedudukan wreddha menteri Mpu Kapat ada di bawah patih Majapahit .

Beberapa piagam juga menyebut wreddha menteri. Piagam Berumbung 1329, misalnya, nama wreddha menteri disebut sesudah penyebutan Sang Panca Wilwatikta. Jumlahnya ada dua yakni wreddha menteri mahakusumawardhana Sang Arya Patipati Mpu Kapat dan wreddha menteri senapati sang Arya Mapanji Elup.

Piagam Blitar yang bertarikh tahun 1330 mencatat jabatan wreddha menteri diemban Arya Dewaraja Mpi Aditya. Nama Mpu Aditya masih tercatat sebagai wreddha menteri dalam Piagam O.J.O. LXXXIV atau D. 38, pada piagam itu disebut kelompok para tanda rakryan sang wreddha menteri Sang Arya Dewaraja Mpu Aditya dan Sang Arya Dhiraraja Mpu Narayana.

Penyebutan kedua wreddha menteri itu diikuti oleh penyebutan Sang Panca Wilwatikta yang dikepalai oleh Rakryan patih Majapahit Gajah Mada dan rakryan Patih Kahuripan.

Dalam Piagam Raja Jayanagara yang dikeluarkan pada 1296, tercatat jabatan wreddha menteri ini diemban oleh Mpu Kapat saat Jayanagara naik tahta.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1797 seconds (0.1#10.140)