Dukung Tumbuh Kembang Anak dengan Pemberian Nutrisi Tepat dan Aman

Jum'at, 27 Januari 2023 - 22:35 WIB
loading...
Dukung Tumbuh Kembang Anak dengan Pemberian Nutrisi Tepat dan Aman
Asupan nutrisi yang tepat dan aman bagi anak mutlak diperlukan agar bisa mendukung pertumbuhannya secara optimal. Alergi yang timbul pada anak, termasuk yang dipicu asupan seperti susu sapi. Foto ist
A A A
JAKARTA - Asupan nutrisi yang tepat dan aman bagi anak mutlak diperlukan agar bisa mendukung pertumbuhannya secara optimal. Alergi yang timbul pada anak, termasuk yang dipicu asupan seperti susu sapi merupakan masalah kesehatan penting yang harus diperhatikan.

Data menunjukkan, sekitar 240-550 juta orang berpotensi menderita alergi. Kondisi alergi karena tidak cocok susu sapi merupakan salah satu tantangan kesehatan yang sering dialami sekitar sekitar 2-7,5 persen anak-anak.

Angka kejadian risiko alergi, terutama alergi protein susu sapi masih sering dialami oleh anak berusia di atas satu tahun. Sebab, anak pada usia tersebut sistim imunnya relatif masih sangat rentan. Karena itu, harus dipastikan setiap anak harus mendapat asupan nutrisi, termasuk mereka yang tidak cocok susu sapi .

Menurut dokter Budi Setiabudiawan, dokter anak konsultan alergi imunologi, alergi susu sapi merupaka salah satu jenis alergi yang umum terjadi pada anak-anak. Alergi ini menyebabkan mereka tidak bisa mengonsumsi susu sapi serta makanan yang mengandung produk turunannya.

"Hal ini mungkin membuat sebagian orang tua khawatir anaknya akan kekurangan nutrisi penting yang terdapat dalam susu sapi yang dibutuhkan bagi tumbuh kembangnya," ujar dr Budi Setiabudiawan.

Untuk itu, lanutjya, orang tua perlu memperhatikan alternatif nutrisi yang tepat agar kebutuhan makronutrien, termasuk protein, dan mikronutrien, tetap terpenuhi.

"Salah satu alternatif pemberian nutrisi bagi anak-anak yang tidak cocok protein susu sapi adalah formula isolat protein soya yang telah difortifikasi," ujarnya.

"Formula isolat protein soya sebagai alternatif pilihan untuk alergi susu sapi ringan-sedang apabila terdapat kendala harga atau ketidaktersediaan Formula terhidrolisat ekstensif (eHF)," imbuhnya.

Formula isolat protein soya, jelas dokter, adalah jenis protein yang aman dan efektif pada anak yang tidak dapat mengkonsumsi makanan atau minuman yang berbahan dasar susu sapi. "Pemberian nutrisi yang tepat merupakan kunci untuk dukung si kecil tumbuh optimal," pungkasnya.

Renta Situmeang, Senior Brand Manager SGM Eksplor ISOPRO SOY mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk hadir melakukan berbagai inovasi produk untuk menjawab kebutuhan nutrisi anak-anak Indonesia.

"Kami memahami perjuangan para Bunda untuk memastikan terpenuhinya nutrisi si kecil yang tidak cocok susu sapi agar tetap berkesempatan memiliki pertumbuhan dan perkembangan yang sama dengan anak lainnya untuk jadi generasi maju," ujarnya.

Ke depanya, lanjut Renta, pihaknya, terus berinovasi menghasilkan produk berkualitas sesuai dengan kebutuhan nutrisi anak Indonesia.

"Kami juga akan terus berkomitmen memberikan dukungan melalui berbagai edukasi dan kampanye kesehatan anak agar semakin banyak orang tua yang sadar akan pentingnya pemenuhan nutrisi yang tepat untuk tumbuh kembang optimal anak," tutup Renta.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1284 seconds (0.1#10.140)