603 Km Jalan Nasional di Jambi Rusak, Diduga Akibat Angkutan Batu Bara

Selasa, 24 Januari 2023 - 09:25 WIB
loading...
603 Km Jalan Nasional di Jambi Rusak, Diduga Akibat Angkutan Batu Bara
Truk mengangkut batu bara melintas di salah satu jalan nasional d Jambi. Angkutan ini diduga menjadi salah satu penyebab jalan rusak.Foto/ist
A A A
BATANGHARI - Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga Kementerian PUPR melalui Direktur Pembangunan Jalan, Satrio Sugeng Prayitno menyebut, kondisi jalan nasional di Jambi khususnya yang dilalui angkutan batubara mengalami kerusakan.

Dari 1.318 kilometer jalan nasional di Jambi ada tiga ruas jalan. “Dari 1.318 kilometer yang terdampak dari angkutan batubara adalah 603 kilometer, ini hampir separuhnya,” ujarnya, Selasa (24/1/2023).

Menueurnya, tiga ruas tersebut adalah Tembesi-Simpang Niam-Tebo-Muara Bungo sepanjang 167.8 kilometer. Kemudian, Sarolangun-Bangko-Muara Bungo–batas Provinsi Sumatera Barat sepanjang 212.1 kilometer. Selanjutnya Sarolangun-Simpang Tembesi- Muara Bulian-Kota Jambi-Pelabuhan Talang Duku sepanjang 223.3 kilometer.

Sementara, dari 1.318 kilometer jalan nasional itu terdiri dari empat lintas, yakni Lintas Timur, Lintas Tengah, Penghubung Lintas dan Non Lintas.

Baca juga: Gempa Dangkal M4,3 di Cianjur Dipicu Aktivitas Sesar Cugenang

Selain itu, adanya rencana jalan tol yang saat ini sedang dikerjakan dari ruas batas Sumsel-Simpang Tempino sepanjang 15 kilometer.

Dia menambahkan, ada beberapa penyebab kerusakan jalan yang terjadi, diantaranya akibat Over Dimension dan Over Loading (ODOL) tingginya volume, tonase dan Lalu Lintas Harian Rata-rata (LHR) kendaraan angkutan batu bara yang melewati jalan nasional tersebut.

“Ada 4 hal terkait dengan kegiatan ODOL, yakni kerusakan jalan amblas, penyempitan badan jalan dengan adanya parkir yang kita lihat tadi disepanjang jalan," ujar Satrio.

Kemudian, katanya, kerusakan (ruting) terutama pada persimpangan akibat tingginya volume dan tonase yang dilalui oleh kendaraan batu bara, kerusakan pada pavement-nya akibat kapasitas dan tonase yang dilewati angkutan batu bara.

Selain tonase dan dimensi, sambungnya, dari survei LHR pada 2020 sampai 2022 terjadi kenaikan jumlah kendaraan hingga mencapai 197.85 persen.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1684 seconds (0.1#10.140)