Sepeda Listrik Tenaga Surya Kreasi Mahasiswa UMM Lebih Hemat dan Ramah Lingkungan

Selasa, 24 Januari 2023 - 11:12 WIB
loading...
Sepeda Listrik Tenaga Surya Kreasi Mahasiswa UMM Lebih Hemat dan Ramah Lingkungan
Mahasiswa UMM dan sepeda listrik bertenaga surya hasil kreasinya. Foto/Avirista Midaada
A A A
MALANG - Sejumlah mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) berhasil mengkreasikan pembuatan sepeda listrik bertenaga surya. Sepeda listrik ini mengusung ide kendaraan masa depan mampu dikreasikan Brilly Eldon Fachrudin dan sembilan orang rekan lainnya.

Brilly menyatakan, pembuatan sepeda listrik bertenaga surya ini memerlukan proses panjang. Bahkan di angkatan sebelumnya timnya sempat gagal lantaran belum berhasil menyetabilkan daya yang masuk.

“Alhamdulillah tim kami berhasil menemukan dan memecahkan permasalahan tersebut,” ujar Brilly, melalui keterangan tertulisnya, pada Selasa pagi (24/1/2023).

Adapun cara kerja sepeda tenaga surya tersebut dikatakan Brilly, energi dari cahaya matahari yang masuk ke panel akan langsung ke aki. Kemudian ke mesin selanjutnya yaitu controller yang menghubungkan antara dinamo dengan setelan gas.

Baca juga: Pemprov Jatim Gelar Vaksinasi Booster Kedua Bagi Masyarakat Umum Gratis

“Dari cahaya matahari disambungkan ke controller untuk menstabilkan arus daya masuknya ke aki, sedangkan dari aki nanti masuk ke mesin lagi di controller. Ini untuk menghubungkan antara dinamo dan setelan gasnya agar arus yang dikeluarkan oleh akinya nanti stabil,” ucap dia.

Sejauh ini ujicoba juga dilakukan di malam hari saat matahari tidak menyinari, dan hasilnya disebut Billy arusnya masih masuk. Sebab penggunaan cahaya matahari yang masuk telah tersimpan dahulu pada siang hari sebelumnya hingga penuh.

Menariknya ujicoba sepeda listrik bertenaga surya ini pun berhasil menempuh jarak tempuh 12 kilometer dari kawasan Sawojajar, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang menuju kampus III UMM yang ada di Jalan Raya Tlogomas Malang.

"Selama perjalanan ini total menghabiskan tiga bar daya dari total 5 bar keseluruhan yang tersedia," katanya.

Listrik yang dihasilkan dari cahaya matahari tidak hanya menghasilkan arus untuk berjalannya sepeda, melainkan juga dapat menyalakan lampu pada sepeda. Selain itu Brilly dan tim juga mengubah peletakan pedal yang awalnya diletakan pada roda belakang, diganti ke depan agar berkerja dengan semestinya. Hal ini menyiasati agar mesin juga tidak mudah rusak.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2236 seconds (11.252#12.26)