Sandiaga Uno Dorong UMKM Naik Kelas untuk Buka 4,4 Juta Lapangan Kerja Baru

Sabtu, 21 Januari 2023 - 23:25 WIB
loading...
Sandiaga Uno Dorong UMKM Naik Kelas untuk Buka 4,4 Juta Lapangan Kerja Baru
Menparekraf, Sandiaga Salahudin Uno saat berbicara dalam Business Talk Genpro bertema Dari UMKM Menuju Korporasi di Zest Hotel, Jalan Sukajadi, Kota Bandung, Sabtu (21/1/2023). Foto/MPI/Agung Bakti Sarasa
A A A
BANDUNG - Industri kreatif dan pariwisata, termasuk UMKM, terus didorong oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno agar dapat naik kelas. Hal ini untuk merealisasikan target membuka 4,4 juta lapangan kerja baru, hingga tahun 2024 mendatang.



Menurut Sandiaga Uno, para pelaku industri kreatif dan pariwisata, termasuk UMKM yang masuk kategori pemain lama, harus meningkatkan kapasitasnya dalam level korporasi. Salah satu upaya yang dapat dilakukan, yakni dengan mencari investor.



"Saya ingin UMKM ini tidak jalan di tempat. Harus naik kelas. Tadi berbagi kiat bagaimana usahanya bisa berkembang, membuka peluang usaha dan lapangan kerja seluas-luasnya. Targetnya 2024 ada 4,4 juta lapangan kerja baru," ujar Sandiaga Uno, Sabtu (21/1/2023).



"Tadi saya memberikan contoh beberapa usaha yang lima tahun lalu sekarang sudah mulai besar, dan sekarang bahkan menawarkan sahamnya," sambung Sandiaga Uno, seusai menjadi pembicara dalam Business Talk Genpro bertema "Dari UKM Menuju Korporasi" di Zest Hotel, Kota Bandung.

Sandiaga Uno Dorong UMKM Naik Kelas untuk Buka 4,4 Juta Lapangan Kerja Baru


Lebih lanjut Sandiaga Uno mengatakan, kawasan Bandung Raya juga memiliki potensi besar dalam pengembangan bisnis industri kreatif, terutama dalam sektor pariwisata. Bahkan, dia menyebut kawasan Bandung Raya masih unggul dibandingkan daerah lainnya di Indonesia, dan pesaing terdekatnya Yogyakarta.



"Kalau bicara Bandung Raya, ini kan leading di seluruh nusantara. Tingkat keterisian hotel, okupansi rate di Bandung, dan Yogyakarta ini balap-balapan. Dua daerah yang memuncaki dari segi pariwisata yang didorong mayoritas wisatawan nusantara. Berarti peluangnya sangat luar biasa bagi para pelaku ekonomi kreatif, terutama dari segi penyiapan kuliner, fashion, dan juga cenderamata," tandasnya.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1901 seconds (0.1#10.140)