Menelisik Gua Suci Tersembunyi Era Kerajaan Majapahit Buatan Manusia

Jum'at, 20 Januari 2023 - 05:38 WIB
loading...
Menelisik Gua Suci Tersembunyi Era Kerajaan Majapahit Buatan Manusia
Pengunjung mengabadikan sinar yang terpancar dari celah atap atau lobang dari atas goa suci. Foto: SINDOnews/Ahmad Antoni
A A A
KERAJAAN Majapahit di bawah kekuasaan Hayam Wuruk (1350-1389) mencapai kejayaan dan bisa menyebarkan pengaruhnya ke penjuru Nusantara.

Dalam Kakawin Nagarakretagama pupuh XIII–XV menyebutkan, daerah kekuasaan Majapahit meliputi Sumatra, semenanjung Malaya, Kalimantan, Sulawesi, kepulauan Nusa Tenggara, Maluku, Papua, Tumasik (Singapura) dan sebagian kepulauan Filipina. Sumber ini menunjukkan batas terluas sekaligus puncak kejayaan Kemaharajaan Majapahit.

Sesudah mencapai puncaknya pada abad ke-14, kekuasaan Majapahit berangsur-angsur melemah. Setelah wafatnya Hayam Wuruk pada tahun 1389, Majapahit memasuki masa kemunduran akibat konflik perebutan takhta.

Menelisik Gua Suci Tersembunyi Era Kerajaan Majapahit Buatan Manusia



Kematian Hayam Wuruk dan adanya konflik perebutan takhta menyebabkan daerah-daerah Majapahit di bagian utara Sumatra dan Semenanjung Malaya memerdekakan diri, di mana semenanjung Malaya menjadi daerah kekuasaan Kerajaan Ayutthaya hingga nantinya muncul Kesultanan Melaka yang didukung oleh Dinasti Ming.



Kini, sisa kejayaan Majapahit masih banyak ditemukan di Jawa, salah satunya adalah Gua Suci di Karang Langan, Leran Wetan, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Masyarakat sekitar menyebutnya dengan nama Gua Wayang.

Gua Suci terletak dekat dengan pemukiman serta persawahan masyarakat. Lokasi gua dikelilingi dengan pegunungan karst.

Untuk mencapai gua, wisatawan perlu melewati perkebunan jagung milik warga dan tak jauh berjalan Anda bisa melihat bebatuan khas yang merupakan bagian dari Gua Suci.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3350 seconds (0.1#10.140)