Butiran Es Berjatuhan dari Langit Bikin Heboh Warga Lampung Selatan

Rabu, 11 Januari 2023 - 22:41 WIB
Hujan es menghebohkan warga Dusun Pematang Buluh, Desa Bali Agung, Kecamatan Palas, Kabupaten Lampung Selatan. Foto/iNews TV/Heri Fulistiawan
LAMPUNG SELATAN - Butiran es yang berjatuhan dari langit saat terjadi hujan lebat, membuat heboh warga Dusun Pematang Buluh, Desa Bali Agung, Kecamatan Palas, Kabupaten Lampung Selatan, Rabu (11/1/2023). Bahkan, mereka langsung merekam fenomena hujan es tersebut.



Dalam rekaman video warga, terlihat banyak warga mengumpulkan butiran es yang berjatuhan di rerumputan. Bahkan, sejumlah anak-anak juga terlihat menikmati hujan es, sambil mengambili butiran es yang berjatuhan dari langit tersebut.

Sebagian warga juga terekam begitu cemas dengan munculnya fenomena hujan es, yang mereka nilai sangat aneh, dan dikawatirkan akan memicu terjadinya bencana alam. "Kami kaget, karena terdengar suara berisik di atap, ternyata ada butiran es berjatuhan seperti kerikil," ungkap salah seorang warga, Suarti, Rabu (11/1/2023).





Dia menyebutkan, butiran es yang berjatuhan dari langit tersebut, besarnya seperti kelereng. "Hujan es terjadi sekitar satu jam, dan saat itu hujannya sangat lebat. Kami baru pertama kali melihat kejadian hujan es ini, sehingga kawatir kalau terjadi bencana," tutur Suarti.



Kepala Stasiun Meteorologi Kelas I Radin Inten II Lampung, Kukuh Ribudiyanto menjelaskan, fenomena hujan es merupakan hal yang biasa terjadi. "Hujan es itu dipicu adanya awan cumulonimbus di langit Lampung, yang menyebabkan butiran es jatuh ke bumi," terangnya.



Berdasarkan prakiraan cuaca dari BMKG, dalam beberapa hari ke depan wilayah Lampung, masih berpotensi akan dilanda hujan lebat disertai dengan angin kencang. Warga diimbau dapat selalu waspada terhadap berubahan cuaca yang terjadi.
(eyt)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More