Bupati Zukri Resmi Membuka MTQ ke-20 Tingkat Kabupaten Pelalawan 2022

Rabu, 30 November 2022 - 16:45 WIB
Bupati Pelalawan Zukri secara resmi membuka MTQ ke-20 Tingkat Kabupaten Pelalawan 2022 di desa Trimulya Jaya, Kecamatan Ukui, Kabupaten Pelalawan, Senin (28/11/2022). 
PELALAWAN - Bupati Pelalawan Zukri secara resmi membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-20 Tingkat Kabupaten Pelalawan 2022 di desa Trimulya Jaya, Kecamatan Ukui, Kabupaten Pelalawan, Senin (28/11/2022).

Hadir dalam kegiatan ini Wakil Bupati Pelalawan Nasarudin, Sekda Pelalawan T. Mukhlis, Anggota DPR Provinsi Riau Sewitri, Ketua dan Anggota DPRD Kabupaten Pelalawan, Ketua LPTQ Provins Riau, Kepala Kemenag Kabupaten Pelalawan, Kabag Kesra Kabupaten Pelalawan, Ketua MUI Kabupaten Pelalawan, camat se-Kabupaten Pelalawan, lurah dan kepala desa se-Kecamatan Ukui, serta tokoh-tokoh masyarakat.

Camat Ukui dalam sambutannya menyampaikan ungkapan terima kasih yang tak terhingga kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan yang telah memberikan kepercayan kepada Kecamatan Ukui menjadi tuan rumah pada penyelenggaraan MTQ.

Camat Ukui juga mengharapkan dukungan dan doa dari semua pihak agar pelakasanaan MTQ berjalan aman dan lancar sehingga dapat melahirkan generasi muda yang berprestasi, sumber daya manusia yang unggul dan qurani menuju Pelalawan maju.

Sementara itu Bupati Pelalawan melalui sambutannya juga menyampaikan rasa syukur karena dapat melaksanakan kegiatan MTQ ke 20 tingkat Kabupaten Pelalawan tahun 2022. "Maka pada kesempatan yang berbahagia ini saya selaku Bupati Pelalawan mengajak semua yang hadir benar-benar memahami makna MTQ dan betul-betul bisa kita terjemahkan dikehidupan sehari hari," katanya.





MTQ bukan sekadar perlombaan tetapi merupakan bentuk rasa cinta kepada Quran. Bagaimana Quran dapat menjadi kompas, penerang, rujukan kehidupan. "Untuk menata kehidupan sosial, menjaga hubungan baik antara sesama, bagaimana kita mengasihi, memperhatikan fakir dan miskin. Salah satu contoh perintah Allah di dalam Quran yakni mengeluarkan zakat," paparnya.

Bupati juga mengatakan bahwa ekonomi dan politik pun diatur dalam Quran. Seperti apa pemimpin yang adil ada dijelaskan dalam Quran. "Maka kalau kita berpegang teguh dan menjadikan Quran sebagai rujukan Insya Allah negeri ini dipenuhi berkah Allah SWT," ujarnya.

Melalui MTQ ia berharap akan melahirkan sumber daya manusia yang belandaskan Quran dan berakhlak karimah. "Maka momen MTQ ini benar-benar harus kita manfaatkan sebagai instropeksi dan mengevaluasi apa yang sudah kita lakukan agar ke depan lebih baik. MTQ ini sesungguhnya hanya menghasilkan hafis hafizah? menghasilkan qori-qoriah? Apakah kita cuma menghasilkan mufasil dan mufasilu saja? Kita berharap bukan cuma itu. MTQ juga dapat menggali Quran agar bagaimanaQuran benar-benar menjadi petunjuk di dalam kehidupan kita sehari-hari," paparnya.

Pembukaan MTQ ke 20 tingkat Kabupaten pelalawan malam tadi dihadiri oleh Qori internasional yang bersuara merdu Syekh Rajif Fandi asal Aceh dan ditandai dengan pemukulan bedug oleh Bupati dan Wakil Bupati, Sekda dan Ketua DPRD Pelalawan, serta kejaksaan dan pewakilan polres Pelalawan.

MTQ ke-20 Kabupaten Pelalawan 2022 diikuti sebanyak 487 orang orang peserta. Dalam rangkaian acara ini Bupati Zukri juga melepas pawai ta'ruf, membuka kegiatan bazar MTQ, dan melantik para dewan hakim yang dilaksanakan sore hari sebelum dilakukannya acara pembukaan MTQ.
(ars)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More