Miris, Belasan Murid SD di Cianjur Terpapar Aids

Jum'at, 02 September 2022 - 18:29 WIB
Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Kabupaten Cianjur menyebut ada 12 murid Sekolah Dasar (SD) positif HIV/Aids.(Ist)
CIANJUR - Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Kabupaten Cianjur menyebut ada 12 murid Sekolah Dasar (SD) positif HIV/Aids. Rata-rata mereka terpapar dari orangtuanya.

Sekretaris Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Kabupaten Cianjur, Hilman mengatakan, belasan siswa yang positif HIV/Aids rata-rata duduk di bangku kelas 5 dan 6 atau berusia 10 dan 12 tahun.

"Terdata sebanyak 12 siswa yang tersebar di sejumlah SD di Kabupaten Cianjur. Mereka terpapar dari orangtuanya masing-masing," kata Hilman, Jumat (2/10/2022).

Hilman mengatakan, murid tersebut diketahui terpapar setelah dilakukan pemeriksaan VCT atau tes sukarela orang tua dari belasan siswa itu.

"Sebagian besar dari siswa yang terpapar ini merupakan anak yatim piatu. Karena orangtuanya sudah pada meninggal, karena Aids," katanya.



Dikatakan, anak-anak tersebut berasal dari keluarga tidak mampu, dan saat ini tinggal bersama nenek dan kerabat orang tua mereka.

"Mereka terpapar sejak lahir yang ditularkan dari orangtuanya. Kasus IRT (ibu rumah tangga) yang positif HIV di Cianjur sendiri memang terbilang tinggi. Rata-rata mereka tertular dari suaminya," ujarnya.

Selain menjamin pasokan obat yang harus rutin dikonsumsi oleh mereka, kata dia, KPA Cianjur juga menggalang donasi untuk membantu pemenuhan biaya sekolah dan kebutuhan hidup sehari-hari.

"Alhamdulilah ada warga yang bersedia membantu secara rutin, baik bantuan uang juga kebutuhan sehari-hari, seperti paket sembako," ungkapnya.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More