Dampak Ekonomi Wabah PMK, Peternak dan Pengusaha Daging Terancam Gulung Tikar

Senin, 16 Mei 2022 - 10:05 WIB
Masih banyak provinsi di Indonesia yang surplus dan siap mendukung tersedianya suport ternak sehat dengan menyertakan hasil test kesehatannya seperti NTT, Bali dan provinsi lainnya.

Mereka akan tetap menjaga perekonomian Indonesia, melanjutkan semangat kewirausahaan sekaligus menghindarkan masuknya varian virus-virus baru yang akan muncul akibat keputusan import ternak, manakala negeri ini sedang membutuhkan akibat terbatasnya suply ternak sehat. Tentunya dengan tetap menjaga disiplin bio security di provinsi asal ternak sehat.

Komunikasi dan pemahaman yang sama tentang Kepmentan no 405/2022 diperlukan agar antar instansi dan lembaga terkait tidak mengambil kebijakan secara parsial. Pemerintah Provinsi dalam hal ini Dinas Peternakan, Balai Karantina dan pihak terkait lainnya harus segera mengeluarkan kebijakan yang padu, agar kepentingan dan kebutuhan semua pihak bisa terpenuhi.

Kepentingan dan kebutuhan masyarakat akan daging dan hewan ternak yang sehat, aman dan harga yang terjangkau harus menjadi perhatian utama. Apalagi menghadapi Idul Adha dan Nataru nanti, pasti kebutuhan ternak kurban dan ternak sehat akan melonjak tentunya dengan segala konsekuensinya.
(msd)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More