Otsus Beri Manfaat Luar Biasa untuk Membangun SDM Unggul Orang Asli Papua

Selasa, 10 Mei 2022 - 16:09 WIB
"Kami semua merasa bahagia dan bangga karena sejumlah putra putri terbaik bangsa telah lulus. Hal itu menunjukkan ketekunan dan kedisiplinan dalam belajar akan membuahkan hasil yang diharapkan," ujar Prasetyo Hadi yang menghadiri upacara wisuda tersebut untuk memenuhi undangan pihak universitas, Senin (9/5/2022).

Sebelumnya, Wakil Bupati Asmat Thomas Eppe Safanpo menjelaskan, banyak mahasiswa Papua mendapatkan beasiswa belajar dari dana Otsus. Kemudian pemuda Papua yang berhasil masuk dinas kepolisian juga tentara, dari sisi biaya pendidikan itu dari dana otsus.

Bahkan, berbagai lembaga adat, lembaga keagamaan di Papua sejatinya pun menikmati dana Otsus. Sehingga, jika ada penolakan dari penerima dana otsus jelas tidak fair dan salah.

Bahkan menurutnya, rakyat Papua tidak boleh termakan dengan agitasi-agitasi politik kelompok kontra pemerintah tolak otsus. Agitasi-agitasi politik hanya bisa dilawan dengan data dan informasi yang benar yang bisa diakses oleh publik secara memadai.

“Banyak sekali dampak Otsus positif selama 18 tahun. Misalnya banyak mahasiswa yang dibiayai dari Otsus. Banyak polisi dan tentara orang asli Papua yang pelatihannya dibiayai oleh Otsus, ini tidak pernah dibuka kepada publik,” ujarnya.
(shf)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More