Menkes-Menko PMK Nilai Penanganan COVID-19 di Jabar Semakin Baik

Sabtu, 20 Juni 2020 - 21:05 WIB
Menkes dan Menko PMK saat mengunjungi RSHS sebagai rumah sakit rujukan COVID-19 di Provinsi Jabar. Foto:SINDOnews/Agung Bakti Sarasa
BANDUNG - Menteri Kesehatan (Menkes), Terawan Agus Putranto dan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhajir Effendy menilai, penanganan COVID-19 di Provinsi Jabar semakin baik.

Penilaian tersebut disampaikan Menkes dan Menko PMK saat keduanya mengunjungi Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung yang merupakan rumah sakit rujukan pasien COVID-19 di Provinsi Jabar, Sabtu (20/6/2020).

Menurut Menkes, sinergitas antarlembaga membuat penanganan COVID-19 di Jabar berjalan baik. Begitupun dengan kinerja rumah sakit dan para tenaga medis yang membuat kasus COVID-19 di Jabar relatif bisa terkendali.

"Kita melihat effort dari Pemprov Jabar begitu bagus dan hasilnya membuat Provinsi Jabar semkain membaik dalam penanganan Covid-19," ungkap Menkes.

Menkes juga menilai, rumah sakit di Jabar sangat baik dalam merawat pasien COVID-19. Hal itu ditandai dengan sedikitnya jumlah pasien yang dirawat di rumah sakit, sehingga rumah sakit tidak dipenuhi pasien COVID-19.



"Sehingga, masih banyak relaksasi waktu, betul-betul tim dokter bisa mempunyai konsentrasi untuk menangani pasien yang berat dengan baik," tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Menkes juga menyampaikan komitmennya untuk membantu memfasilitasi proses pendaftaran sejumlah alat medis COVID-19 yang diproduksi di Jabar kepada Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), agar bisa diproduksi massal.

Seperti diketahui, Jabar berhasil membuat sejumlah alat medis untuk penanganan COVID-19, di antaranya ventilator buatan PT Dirgantara Indonesia, rapid test antigen karya ITB dan Unpad, serta laboratorium kontainer buatan PT Biofarma.

Senada dengan Menkes, Menko PMK, Muhajir Effendy pun menilai, penanganan COVID-19 di provinsi berpenduduk hampir 50 juta jiwa ini sudah sangat baik. Hal itu ditandai dengan level kewaspadaan daerah di Jabar yang relatif sudah baik.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More