Mafia Perdagangan Satwa di Aceh Masih Belum Tersentuh Hukum

Senin, 24 Januari 2022 - 11:34 WIB
Koordinator FJL Aceh Zulkarnaini Mary saat menyampaikan data perdagangan satwa di Aceh. Foto: Sukri/SINDOnews
BANDA ACEH - Sepanjang tahun 2020-2021, aparat penegak hukum di Aceh menangani 19 perkara kasus perburuan dan perdagangan satwa. Namun mafia perdagangan saat ini belum tersentuh hukum.

Koordinator FJL Aceh Zulkarnaini Masry menyampaikan hal itu dalam kegiatan meeting expert kajian data penegakan hukum dalam kasus perdagangan satwa lindung di Aceh, Jumat 21 Januari 2022.

Kegiatan itu digelar oleh Forum Jurnalis Lingkungan (FJL) Aceh didukung oleh Yayasan Hutan, Alam dan Lingkungan Aceh (HAkA).



Hasil riset FJL, sepanjang 2020-2021 total pelaku perburuan dan perdagangan satwa sebanyak 42 orang. Para pelaku mayoritas warga Aceh, hanya sebagian kecil warga luar Aceh. Namun, pelaku yang ditangkap oleh aparat penegak hukum umunya kurir dan eksekutor lapangan, sedangkan penampung akhir belum tersentuh.



"Padahal satwa lindung dari Aceh diperjualbelikan ke pasar internasional," kata pria yang kerap disapa Zulmasry, Senin (24/1/2022).

Zulmasry menambahkan, dari 19 perkara tersebut, masih ada 9 tersangka yang belum ditangkap atau buronan. FJL mendesak aparat penegak hukum menangkap mereka, karena informasi dari pelaku penting untuk mengungkap kasus secara tuntas.



"Sebagian besar buronan adalah pemilik satwa, namun ada juga penampung dan eksekutor. Kami berharap para pemodal bisa ditangkap agar kasus kejahatan terhadap satwa dapat dihentikan," kata Zulmasry.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More