Bangun SDM Mumpuni, Unpar Bakal Dirikan Pusat Studi Diaspora

Rabu, 13 Oktober 2021 - 04:52 WIB
Pelatihan ini terdiri dari tiga modul yang disesuaikan dengan kekuatan dan kebutuhan sistem pemangku kepentingan Indonesia yang relevan dan akan menggabungkan pembelajaran dari pekerjaan yang sedang berlangsung dalam isu diaspora.

"Ketiga modul kepemimpinan tersebut bertujuan untuk memperkuat kapasitas dialog dan aksi seputar kebijakan migrasi dan diaspora. Para peserta pelatihan dilengkapi dengan seperangkat alat kepemimpinan profesional, kapasitas keterlibatan pemangku kepentingan, dan keterampilan fasilitasi dialog untuk pengaturan multipemangku kepentingan," jelasnya.

Dari Unpar, dia bersama Ketua Jurusan HI Unpar, Elisabeth A Satya Dewi mengikuti pelatihan berskala global tersebut. Keduanya pun telah lulus menjalankan tiga modul pelatihan yang dimulai Februari dan berakhir September 2021 dan tersertifikasi menjadi Collective Leadership Specialists.

Platform CLSI sendiri secara resmi akan diluncurkan pada November 2021 mendatang. Launching event CLSI menjadi bentuk pengakuan yang dirasa penting bagi kelanjutan kerja kolaboratif antar pemangku kepentingan dalam isu diaspora, baik di antara sektor publik (kementerian/lembaga) ataupun dengan sektor swasta, akademia, dan masyarakat sipil.

"Unpar akan terus menjadi bagian dalam platform dialog multi-pihak ini dan mendukung proses pembangunan ekosistem kolaborasi khususnya untuk saat ini adalah pada isu diaspora," kata Anggia.
(don)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More