Bau Anyir Luweng Grubuk, Saksi Sejarah Penumpasan Ribuan Gerombolan PKI di Jogja

Jum'at, 01 Oktober 2021 - 05:00 WIB
Dilanjutkannya, kejadian pembunuhan ribuan anggota PKI terjadi selama beberapa tahun. Semua dilakukan tengah malam oleh anggota tentara dengan seragam dan senjata lengkap. Pemberantasan PKI ini terjadi sejak tahun 1966 hingga 1969. Bahkan ada yang sampai pagi hari sehingga warga takut keluar rumah untuk ke pasar. Mereka dihentikan tidsk beraktivitas sebelum aksi tentara selesai.

Hingga saat ini warga sekitar masih sering mendengar suara jeritan dari luweng tersebut. Bahkan bau anyir sering muncul. "Ini tadi ada asap kan keluar dan bau anyir,"lanjutnya.



Memang benar. Saat reporter MNC Portal Indonesia mendekat, kepulan asap keluar disertai bau anyir. Perlahan lahan asap hilang dan hanya suara derasanya air di bawah tanah dengan kedalaman sekitar 90 meter.

Hingga saat ini tidak ada ada catatan resmi berapa para anggota PKI yang dieksekusi secara massal di Luweng Grubuk. Namun warga percaya jika jumlahnya mencapai puluhan ribu. Kepercayaan ini karena pembantaian selama beberapa tahun dan tiap malam dilakukan.

Meskipun keramat, namun Luweng Grubuk menyimpan eksotisme luar biasa lewat cahaya surga. Sejak dibuka menjadi destinasi wisata minat khusus Gua Jomblang. Wisatawan bisa menikmati keindahan siluet sinar matahari dari dasar gua.
(aww)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More