Kodam XVIII/Kasuari Gelar Harmonisasi Papua Barat, Wujud Kebersamaan dan Persatuan Bangsa

Kamis, 30 September 2021 - 06:38 WIB
Kodam XVIII/Kasuari menggelar acara Harmonisasi Papua Barat. (Ist)
MANOKWARI - Kodam XVIII/Kasuari menggelar acara Harmonisasi Papua Barat yang bertemakan “Dengan Harmonisasi, Melalui Kearifan Lokal Papua Barat, Kita Tingkatkan Persatuan Dan Kesatuan Bangsa”, dilapangan Upacara Makodam XVIII/Kasuari, Trikora, Arfai 1, Manokwari, Papua Barat, Rabu, (29/9/2021).

Acara ini digelar untuk memperingati HUT ke-76 TNI dan menyukseskan PON XX tahun 2021. Selain itu juga bertujuan untuk menjalin komunikasi sosial dengan seluruh lapisan masyarakat di Provinsi Papua Barat.

Harmonisasi Papua Barat mengandung arti keselarasan, kesesuaian, kecocokan dan keseimbangan dalam berbudaya, berkomunikasi, beragama dan berkumpul sehingga tercipta kebersamaan dan kesetaraan antar komponen masyarakat di Papua Barat.

Hadir dalam acara tersebut Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, S.E., M.Tr.(Han)., Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan, Kapolda Papua Barat , Irjen Pol Tornagogo Sihombing, para perwakilan dari berbagai suku, agama, ras dan golongan baik para Kepala Suku, Ketua Ormas kemudian paguyuban serta para unsur Forkopimda Papua Barat.

Pangdam dalam sambutannya menegaskan untuk merapatkan barisan,dan mewujudkan harmoni diseluruh wilayah Papua Barat. Banyak persoalan bangsa di lingkup nasional dan di daerah yang memerlukan partisipasi semua pihak.



“Kita disini diibaratkan seperti musik dan jika kompak semua alat instrumen akan mengeluarkan suara senandung yang merdu begitu juga jika semua kompak akan menjadi suatu wujud yang luar biasa," tegasnya.

Pangdam juga mengingatkan Papua adalah warisan leluhur dan para nenek moyang yang diraih dengan perjuangan. Jika semua pihak bersatu dalam satu visi dan tujuan, maka semua tantangan itu dapat diatasi, Sinergi semua pihak menjadi kunci kekuatan dalam menghadapi tantangan.

Disamping silaturahmi hari ini, kegiatan ini juga untuk merawat, memelihara dan meningkatkan hubungan antara seluruh elemen dan sebagai bangsa yang beragam harus membangun harmonisasi.

“Harmonisasi Papua Barat ini mengandung maksud kita bersama dalam perbedaan, ada suku, ras, agama dan golongan yang berbeda bukan berarti musuh dan kita beragam dan bukan berarti kita harus seragam yang terpenting adalah berbeda namun bersama-sama membangun Tanah Papua Barat membangun Indonesia," sebutnya.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More