Kabar Gembira, Pasien Positif Corona di DIY Banyak yang Sembuh

Selasa, 21 April 2020 - 18:42 WIB
FOTO /Ilustrasi : SINDOnews
YOGYAKARTA - Upaya penanganan pasien yang positif terpapar Corona di DIY betul-betul maksimal. Dari data Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Pemda DIY diketahui jumlah pasien positif Corona yang sembuh jauh lebih banyak dari yang meninggal.

Juru Bicara Pemda DIY untuk penanganan Covid-19, Berty Murtiningsih mengatakan, sampai hari ini totla jumlah warga yang dinyatakan positif Corona sebanyak 72 orang. Dari jumlah tersebut 30 orang dinyatakan sudah sembuh dan tujuh yang meninggal dunia. "Jadi jumlah yang sembuh lebih banyak. Sedangkan sisanya masih dalam perawatan," terangnya kepada wartawan di Yogyakarta Selasa (21/4/2020).

Dijelaskannya, kondisi pasien positif yang dirawat pada umumnya baik dan sedang. Tetapi untuk menentukan kesembuhan tidak hanya dari segi fisik saja.

Pihaknya harus mendasarkan hasil laboratorium dengan hasil negatif sebanyak 2 kali. "Ada beberapa hasil evaluasi yang masih negatif dan positif dalam satuan waktu pengambilan sampel, maka masih disimpulkan sebagai kasus positif (belum sembuh)," katanya.

Sampai dengan hari ini, jumlah kasus positif covid-19 yang sudah sembuh ada dua kasus yaitu pasien laki-laki 56 tahun, warga Kota Yogyakarta. Kemudian pasien perempuan usia 54 tahun, warga Sleman. "Dan untuk pasien yang bisa sembuh memang dalam kategori ringan dan sedang dan minim penyakit penyerta atau kormobid," tandasnya.



Selain kesembuhan, hari ini juga dilaporkan penambahan tiga kasus terkonfirmasi laboratorium positif covid-19. Di antaranya laki-laki usia 50 tahun warga Kecamatan Wonosari, Gunungkidul dan perempuan usia 73 tahun warga Gunungkidul serta laki-laki, 54 tahun warga Kota Yogyakarta. "Kemudian PDP meninggal dunia hari ini bertambah satu sehingga ada 14 PDP meninggal dunia," imbuh Berty.

Secara lengkap laporan Covid-19 Pemda DIY adalah sebagai berikut:

Jumlah PDP total 688, dirawat 135. Hasil positif 70 orang dengan keterangan sembuh 30, meninggal 7 orang. Hasil negatif 400 orang, dan PDP menunggu proses laboratorium 216 orang (14 meninggal dunia).
(nun)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More