Obyek Wisata Lembang Uji Coba Dibuka Kembali, Pengunjung Masih Minim

Selasa, 14 September 2021 - 16:50 WIB
Kabid Pariwisata Disparbud KBB, David Oot menjelaskan hasil uji coba pembukaan obyek wisata di Lembang pengunjung masih di bawah 25 persen. Foto/Dok.MPI
BANDUNG - Obyek wisata Lembang menjalani uji coba dibuka kembali di masa PPKM Level 3. Hasilnya pengunjung destinasi wisata di Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat ini masih minim.

"Mulai Sabtu pekan lalu di KBB, objek wisata The Lodge Maribaya sudah uji coba buka. Secara keseluruhan uji coba berjalan lancar dengan penerapan prokes yang ketat dari pihak pengelola," kata Kabid Pariwisata, Disparbud KBB, David Oot, Selasa (14/9/2021).

David mengatakan, berdasarkan monitoring pelaksanaan uji coba tersebut pengunjung di hari Sabtu ada 380 dan Minggu 350. Selain wisatawan dari Bandung Raya dan Jakarta, pengunjung juga ada yang datang dari Semarang.



Jumlah angka kunjungan itu tentu masih jauh di bawah kapasitas kunjungan yang diperbolehkan selama uji coba PPKM Level 3, yakni 25 persen dari kapasitas tempat. The Lodge Maribaya biasanya pada saat peak season bisa menampung hingga 10.000 wisatawan.



"Masih minimnya angka kunjungan itu bisa karena berbagai faktor. Seperti belum semua tahu ada objek wisata yang sudah buka, masyarakat masih menunggu saat yang tepat berwisata, faktor ekonomi, hingga soal vaksinasi," sebutnya.



David menyebutkan kendala di lapangan di mana pengunjung harus melakukan scan di apliksi PeduliLindungi, terkadang sinyal provider jadi kendala. Sebab, ada beberapa pengunjung saat scan tidak bisa akibat sinyal yang kurang mendukung.

Selain itu, lanjut dia, akibat terlalu lama tutup dan pemeliharaan yang tidak berjalan maksimal dikarenakan karyawan banyak diliburkan, beberapa fasilitas di tempat wisata ada yang rusak dan harus dibenahi. Hal itu imbasnya kepada faktor keamanan, keselamatan, dan keamanan pengunjung.

"Kalau untuk prokes bagus karena objek wisata di KBB rata-rata sudah bersertifikat CHSE. Tinggal perbaikan sarana prasarana penunjang untuk keamanan wisatawan ada yang beberapa harus dibenahi dikarenakan sudah telalu lama tutup," ujarnya.
(shf)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More