Usai Dilamar Kekasih, Perempuan di Semarang Positif COVID-19

Selasa, 22 Juni 2021 - 17:00 WIB
Melonjaknya penyebaran virus corona disinyalir setelah warga menggelar kegiatan keramaian seperti lamaran hingga ziarah. Ilustrasi/SINDOnews
SEMARANG - Sejumlah rumah sakit dan tempat isolasi terpusat di Jawa Tengah kini dipenuhi pasien COVID-19 . Melonjaknya penyebaran virus corona disinyalir setelah warga menggelar kegiatan keramaian seperti lamaran hingga ziarah.

"Kemarin ada acara lamaran, tanggal 30 rencana menikah," ujar seorang perempuan positif COVID-19, di tempat isolasi terpusat Rumah Dinas (Rumdin) Wali Kota Semarang, Selasa (22/6/2021).

Tempat isolasi terpusat itu, keterisiannya saat ini mencapai sekitar 80 persen. Pasien rata-rata baru menjalani karantina kurang dari lima hari. Bukan hanya warga Semarang, namun terdapat pula masyarakat dari luar daerah seperti Mranggen Demak, bernama Alwi.

Pemuda yang bekerja sebagai tukang parkir di sebuah rumah sakit tersebut terkonfirmasi positif COVID-19. Dia lantas menjalani isolasi di Rumdin Wali Kota Semarang sejak dua hari terakhir. Pemuda berharap segera sembuh dan pulang kembali.

"Karena mobilitas ini yang sering menimbulkan kerumunan. Saya sudah cek ke pasien COVID yang diisolasi di rumah dinas Wali Kota. Saya tanya kira-kira ketularan dimana, ada yang bilang habis lamaran Pak, habis ziarah Pak, piknik Pak. Nah tempat-tempat seperti itu yang mungkin menjadi awal penularannya," kata Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Baca: Polda Jatim Belum Tetapkan Tersangka Kasus Dugaan Pelecehan Seksual di Sekolah SPI.



Saat mengunjungi pasien di tempat isolasi terpusat itu, Ganjar meminta para pasien membuat video pendek. Video tersebut merupakan salah satu cara untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat terkait pandemi COVID-19 yang belum selesai.

Selain itu, masyarakat juga diajak lebih disiplin menerapkan protokol kesehatan karena varian baru yang ditemukan akhir-akhir ini sangat cepat menular. Bahkan mengakibatkan lonjakan kasus di beberapa daerah. Baca Juga: Kabar Buruk bagi Pelaku Wisata di KBB, Penutupan Diperpanjang 2 Pekan.
(nag)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More