Karomah Syekh Abdul Wahid dan Masjid Wawoangi

Jum'at, 22 Mei 2020 - 05:00 WIB
Di Buton Selatan, Sulawesi Tenggara terdapat masjid unik yang dindingnya terbuat dari batang bambu berukuran kecil yang dibangun Syekh Abdul Wahid/Foto iNews TV/Andhy E
Di Buton Selatan, Sulawesi Tenggara (Sultra) terdapat masjid unik yang dindingnya terbuat dari batang bambu berukuran kecil. Masjid ini adalah masjid tertua di Pulau Buton yang dibangun pada pertengahan abad 15 oleh penyebar Islam pertama di Kerajaan Buton yaitu Syekh Abdul Wahid.



Masjid yang bernama Wawoangi ini sesuai dengan nama desa setempat dimana lokasinya strategis berada puncak bukit diantara Pegunungan Buton Selatan. Dari Masjid Wawoangi ini bisa terlihat Perairan Laut Banda sejauh mata memandang.

Masjid ini dibangun oleh Syekh Abdul Wahid pada tahun 1527 silam. Konon Syekh Abdul Wahid, membangun masjid ini, setelah melihat cahaya di puncak Desa Wawoangi. (Baca: Surau Lubuk Bauk, Antara Cinta Kandas dan Lahirnya Ulama Besar Buya Hamka)

Pada saat itu Syekh Abdul Wahid melihat di titik tempat masjid berdiri ini muncul salah satu cahaya menjulang sampai ke langit.





Bentuk bangunannya sederhana, berdinding bambu, atapnya kayu dan ukuran bangunannya kecil.

Arsitektur masjid sangat sederhana tidak seperti masjid pada umumnya yang dilengkapi kubah. Bangunannya pun unik terbuat dari bahan bambu-bambu lurus berukuran kecil.

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More