Disaksikan Ridwan Kamil, Agro Jabar Teken Kerjasama Offtaker-Investor PIM

Selasa, 27 April 2021 - 14:23 WIB
Caption: Gubernur Jabar memimpin kegiatan perdana PIM di PSDKP WS, Ciherang, Kabupaten Cianjur, Selasa (27/4/2021). Foto/Istimewa
CIANJUR - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyaksikan langsung penandatanganan Perjanjian Kerjasama Kegiatan Pembudidaya Ikan Milenial (PIM) antara Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Jabar, Hermansyah dan Direktur utama PT Agro Jabar, Kurnia Fajar.

Penandatanganan kesepakatan kerja sama tersebut dilakukan di sela kegiatan PIM sebagai tindak lanjut kick off program Petani Milenial yang digagas oleh Ridwan Kamil di Pusat Sumber Daya Kelautan dan Perikanan Wilayah Selatan (PSDKP WS), Ciherang, Kabupaten Cianjur, Selasa (27/4/2021).

Selain penandatanganan kerjasama, Ridwan Kamil juga menyaksikan penyerahan simbolis mockup penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) Bank Jabar Banten (bank bjb) kepada perwakilan peserta PIM, yaitu Rendy Triyadi S.Farm dan Dimas Liggo Niode.

Kegiatan PIM perdana yang bertujuan untuk mencetak pembudidaya ikan milenial sebagai agen pemulihan ekonomi di Jabar tersebut ditandai dengan penebaran benih ikan di 60 kolam bioflok yang khusus dibangun untuk peserta PIM di PSDKP WS Ciherang, Cianjur.

Kegiatan PIM juga bertujuan untuk menumbuhkembangkan kewirausahaan muda perikanan, mengubah wajah perikanan menjadi segar agar generasi milenial tertarik dengan pemanfaatan sain dan teknologi aquaculture, serta menciptakan perikanan lebih maju, mandiri, dan modern di Jabar.



Gubernur Jabar, Ridwan Kamil mengatakan, PIM merupakan upaya pihaknya memfasilitasi anak muda untuk mendorong nilai ekonomi pertanian. Menurutnya, dengan kebersamaan, program ini dipastikan bisa berjalan dengan baik.

"Insya Allah masa depan cerah dengan kebersamaan. Tugas saya sebagai pemimpin adalah memfasilitasi, ada ekonomi yang tahan banting, yaitu ekonomi pangan. Ini tidak terpengaruh disrupsi, ini sudah jadi pilhan yang benar. Bedanya kita dengan orang tua kita, mengurusi pangan harus keren," tutur Ridwan Kamil.

Menurut Gubernur yang akrab disapa Kang Emil itu, PIM memiliki kelebihan, yakni para pembudidaya ikan milenial bisa multitasking karena tidak harus setiap jam mengurusi tambak dan bisa melakukan kegiatan positif lain.

"Prosesi menanam ikan itu enak banget, dulu saya arsitek tiap jam harus narik garis. Pembudidaya yang penting aman dan terkendali," katanya.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More